PKS Minta Anies Fokus Bangun DKI Meski Diincar NasDem Jadi Capres 2024

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 11 Nov 2019 09:40 WIB
Jazuli Juwaini (Foto: Lamhot Aritonang-detikcom)
Jakarta - Ketua DPP NasDem Zulfan Lindan mengungkap kalau partainya melirik sejumlah kepala daerah termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk diusung menjadi capres 2024. PKS, yang menjadi salah satu pengusung Anies saat Pilkada DKI, meminta Anies fokus membenahi Jakarta.

"Tentu Pak Anies Baswedan bisa memposisikan diri dengan baik terhadap meluasnya dukungan partai maupun publik. Prioritas utama Anies Baswedan saat ini fokus dan konsentrasi dengan amanahnya memimpin dan membangun DKI Jakarta, dan amanah itu pula yang kita tegaskan kepada Anies Baswedan saat beliau terpilih," kata Ketua F-PKS DPR Jazuli Juwaini, Minggu (10/11/2019) malam.



Dia berharap Anies mengerjakan secara tuntas tugas-tugasnya sebagai Gubernur DKI. PKS, kata Jazuli, mengapresiasi capaian Anies yang dinilai memberi banyak kemajuan di DKI.

"Kerjakan secara tuntas tugas Gubernur DKI dan buktikan bahwa rakyat Jakarta tidak salah pilih, dan so far kita apresiasi pencapaian Anies Baswedan di DKI Jakarta, ada banyak kemajuan dan rakyat Jakarta jauh lebih hepi dan bahagia," tuturnya.



Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera juga berharap Anies fokus menuntaskan janji-janji kampanye sebagai Gubernur DKI. Dia mewanti-wanti Anies agar tak terpecah konsentrasinya meski dilirik sebagai capres potensial oleh NasDem.

"Paling baik Mas Anies fokus berprestasi di Jakarta. Usaha memecah konsentrasi Mas Anies dengan pikiran 2024 justru dapat menjadi blunder jika Mas Anies tergoda," tutur Mardani.

Meski demikian, PKS tak masalah dengan langkah NasDem melirik sejumlah sosok potensial untuk diusung sebagai capres 2024. "2024 masih lama. Tapi biasa saja jika ada satu parpol yang sudah melirik kandidat yang dianggap potensil untuk 2024. Nggak ada masalah bagi PKS," ucap Ketua DPP PKS Almuzzammil Yusuf.

Zulfan Lindan sebelumnya bicara tentang Ketum NasDem Surya Paloh yang tak ingin maju sebagai capres meski diusulkan oleh DPW NasDem. Menurutnya, NasDem justru melirik sejumlah tokoh yang saat ini menjadi kepala daerah untuk diusung pada Pilpres 2024.



"Nggak mungkinlah, nggak mungkin. Kita sangat mengetahui. Satu, dia (Surya Paloh) tidak bersedia, kemudian kita melihat banyak generasi muda yang akan muncul. Gubernur-gubernur potensial ini, ada empat gubernur, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI, inilah yang harus kita usung orang-orang ini," kata Zulfan di Gado Gado Boplo, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (10/11).

Zulfan blak-blakan menyebut NasDem mengincar empat nama itu. Zulfan mengatakan partainya akan membuat konvensi dan dimungkinkan akan mencalonkan nama-nama tersebut.

"Empat gubernur. Itu paling tepat. NasDem mengincar empat gubernur untuk menjadi capres nanti," ungkap Zulfan.


Simak Video "Kata Surya Paloh soal Usung Capres Non NasDem di Pilpres 2024"

[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)