NasDem Disebut Incar Anies-RK untuk Capres 2024, Paloh Tegaskan Buka Ruang

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Minggu, 10 Nov 2019 18:37 WIB
Anies dan Surya Paloh di pembukaan Kongres NasDem. (Rolando/detikcom)
Jakarta - Ketua DPP NasDem Zulfan Lindan menyebut partainya mengincar empat gubernur, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang menurutnya berpotensi untuk diusung menjadi capres pada 2024. Apa kata Ketum NasDem Surya Paloh?

"Saya pikir NasDem harus membuka ruang pada semua potensi yang dimiliki anak bangsa ini. Sekali lagi pada semua potensi yang dimiliki anak bangsa ini," kata Paloh di sela-sela Kongres II NasDem, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (10/11/2019).



Paloh mengatakan banyak anak bangsa yang berpotensi diajukan menjadi capres pada 2024. Partainya enggan terpaku pada satu sosok atau satu kelompok saja.

"Jadi bukan hanya terbatas pada 1 orang, 1 kelompok, 1 representasi, ya miskin kita. Ada pilihan colorfull pelangi, kita pilih black and white. Bodoh sekali kita. Ya kan. Pilihannya colorfull pelangi beraneka ragam warna. Dengan semakin banyaknya pilihan dan alternatif, saya pikir mudah-mudahan dari pilihan-pilihan itu kita cari yang terbaik dari yang baik," tuturnya.

NasDem, kata dia, juga enggan berkukuh mengajukan calon dari partai sendiri. Menurut Paloh, jika memang tidak ada kader yang layak diajukan, sosok di luar partai harus diberi kesempatan.

"NasDem berupaya menuju ke arah sana. Jadi NasDem harus menyatakan dia harus tahu diri. Ketika kader yang dimiliki dengan seluruh daya upaya, doa, harapan, dan proses pengkaderan yang dilalui tapi kapasitas yang dimiliki belum sesuai dengan aspirasi dan harapan masyarakat, beri kesempatan kepada siapa pun di luar partai," kata Paloh.

Selanjutnya
Halaman
1 2