detikNews
2019/11/10 05:43:24 WIB

Round-Up

Rencana Kursi Wamen Tambahan Bikin Gemuk Kabinet Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Rencana Kursi Wamen Tambahan Bikin Gemuk Kabinet Jokowi Foto: Jokowi-Ma'ruf dan para wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju (Antara Foto)
Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkap rencana kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menambah kursi wakil menteri (Wamen) di Kabinet Indonesia Maju. Rencana ini dikritik karena dianggap membuat gemuk kabinet Jokowi.

Moeldoko menyebut ada rencana Jokowi untuk menambah enam wamen untuk membantu tugas-tugas pemerintah. Namun, Moeldoko belum menjelaskan wamen tersebut akan ditempatkan di mana saja.

"Ada enam lagi rencana sih. Rencana. Tapi saya belum saya pastikan," kata Moeldoko di Rapimnas HKTI, di Dicovery Ancol Hotel, di Jalan Lodan Timur, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (9/11/2019).



Dia mengatakan kemungkinan penambahan enam wakil menteri itu merupakan pengembangan. Saat ini sosok wamen-nya sedang dicari. Moeldoko pun meminta semua pihak menunggu saja kepastian jadi atau tidaknya penambahan wamen ini dari Jokowi.

"Untuk itu, untuk wamen sedang dicari sih," tuturnya.

Sejauh ini, setidaknya ada dua kementerian yang sudah diatur memiliki wakil menteri lewat dua Peraturan Presiden (Perpres) berbeda, yakni Perpres Nomor 72 tahun 2019 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta Perpres Nomor 73 Tahun 2019 tentang Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). Namun, posisi wamen di kedua kementerian itu belum terisi.



Rencana tersebut langsung mendapat kritik karena dianggap malah membuat kabinet makin gemuk. Peneliti senior LIPI Siti Zuhro menilai rencana itu bisa mengganggu birokrasi, apalagi jika hanya memenuhi politik akomodasi.

"Dengan penambahan wamen yang sangat banyak, tentunya akan berpengaruh terhadap kelincahan birokrasi. Apalagi kalau rekrutmen itu didasarkan atas kepentingan politik akomodasi belaka. Ini akan mengganggu kinerja birokrasi," kata Siti.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com