detikNews
2019/11/09 20:07:07 WIB

Berita Populer Sepekan

Berita Terpopuler Pekan Ini: Ledakan Septic Tank hingga Ormas Jaga Parkir

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 6
Berita Terpopuler Pekan Ini: Ledakan Septic Tank hingga Ormas Jaga Parkir Foto: Rangkuman berita sepekan, dari meledaknya septic tank hingga parkir minimarket oleh ormas (detikcom)
Jakarta - Selama sepekan ini, ada sejumlah berita yang masuk jajaran berita terpopuler. Dari mulai berita meledaknya sebuah septic tank di Cakung, Jakarta Timur hingga pemaksaan kerjasama parkir minimarket di Bekasi oleh ormas.

Pada Jumat (8/11/2019), detikcom merangkum beberapa berita populer tersebut. Berikut ini daftarnya:

1. Septic Tank Meledak di Cakung

Sebuah septic tank meledak dan menewaskan satu orang. Peristiwa itu terjadi di sebuah rumah warga bernama Agus di RT 16/03 Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, pada Senin (4/11). Korban diketahui merupakan petugas sedot WC berinisial SI.

Dalam rekaman video CCTV, korban tampak sedang berdiri di teras rumah bersama pemilik rumah, Agus. Mereka berdua tampak berbincang-bincang. SI baru saja membakar koran di lubang septic tank untuk memastikan gasnya sudah tidak ada. Namun, tak lama kemudian septic tank meledak.


SI tewas usai masuk septic tank dan tertimpa tembok yang hancur. Menurut keterangan polisi penyebab ledakan dipicu oleh gas yang menumpuk puluhan tahun.

"(Penyebab ledakan akibat) gas yang terendap puluhan tahun dalam septic tank kena api," ujar Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tomi Sirait dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (5/11/2019).

Berita Terpopuler Pekan Ini: Ledakan Septic Tank hingga Ormas Jaga ParkirFoto:Detik-detik Ledakan septic tank di Cakung (dok.istimewa)


Peneliti Utama Teknologi Lingkungan di Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Neni Sintawardani menilai apa yang dilakukan SI itu ceroboh dan nyeleneh. Sebab, menurutnya, septic tank mengandung gas metana. Gas metana sendiri memilki sifat yang mudah meledak jika terkena api.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com