Gerindra Ungkap Isi Surat PKS Sempat Ajak Ubah Nama Cawagub DKI

Gerindra Ungkap Isi Surat PKS Sempat Ajak Ubah Nama Cawagub DKI

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Sabtu, 09 Nov 2019 18:59 WIB
Sufmi Dasco Ahmad (Ari Saputra/detikcom)
Sufmi Dasco Ahmad (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkap soal duduk permasalahan tarik-ulur cawagub DKI Jakarta. Dasco mengatakan PKS sempat bersurat ke Gerindra untuk mengubah nama calon yang telah diusung ke DPRD DKI.

"Bahwa PKS telah mengusulkan dua orang Wagub DKI dan kami setujui sebagai partai pengusung bersama, yaitu Saudara Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Di perjalanannya, pengusulan tersebut berjalan, namun tidak ada tindak lebih lanjut dari DPRD dan kemudian pemilihan pengganti wagub jadi berlarut-larut," kata Dasco kepada wartawan, Sabtu (9/11/2019).



Dasco melanjutkan PKS sempat mengirim surat ke Gerindra untuk mengajak mengganti nama calon wagub yang telah diusung. Tapi, menurut Dasco, surat itu ditarik kembali oleh PKS.

"Agustus 2019, PKS juga telah mengirim surat kepada Partai Gerindra dengan mengajak Partai Gerindra sebagai pengusung untuk mengganti nama calon pengganti wagub dengan dua nama, yaitu Saudara Adhyaksa Dault dan Nurmansyah Lubis," ujar Dasco.

"Atas masukan usulan dari PKS kepada Gerindra sebagai partai pengusung, Partai Gerindra kemudian mengadakan rapat koordinasi, baik dengan Partai Gerindra DKI Jakarta maupun dengan desk Pilkada DPP Partai Gerindra. Namun baru satu minggu kemudian, surat tersebut kemudian ditarik kembali surat yang ditandatangani oleh Presiden PKS dan Sekjen, lalu Ketua DPW PKS DKI dan Sekretaris. Itu ditandatangani oleh Sakir Purnomo dan Agung Yulianto," jelasnya.



Gerindra menyayangkan jika usulan empat nama baru dari partai berlogo kepala Garuda itu dianggap tak memiliki etika politik. Sebab, pada dasarnya, pengajuan empat nama cawagub dari Gerindra merupakan tindak lanjut dari surat PKS yang ditarik ulang.

"Sampai dengan bulan lalu itu kemudian belum ada usulan ulang dari PKS, sementara publik sudah menanyakan soal pengganti wagub yang ditanggalkan oleh Sandiaga Uno. Maka DPP Gerindra berinisiatif membuat surat kepada DPP PKS untuk mengusulkan calon pengganti wagub ada empat nama yang diusulkan oleh Gerindra, yaitu Pak Arnes, Pak Ferry Juliantono, Ahmad Riza Patria, dan Pak Saefullah. Jadi surat yang kami usulkan adalah menindaklanjuti usulan pengganti sebenarnya dari PKS yang kemudian ditarik ulang. Jadi tak ada niat kami untuk tak beretika sebagaimana dituduhkan oleh pihak-pihak yang tak mengetahui permasalahan sebenarnya," papar Dasco.



Pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPR ini justru mengatakan partainya ingin proses pemilihan cawagub DKI cepat rampung.

"Gerindra ingin lebih bahwa penggantian wagub ini bisa segera memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya. (idn/idn)