detikNews
2019/11/09 12:58:02 WIB

Laporan dari Mekah

Marbut DKI Cerita Awal Mula Diberi Tahu Berangkat Umrah Gratis

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Halaman 1 dari 2
Marbut DKI Cerita Awal Mula Diberi Tahu Berangkat Umrah Gratis Marbut Masjid Ruhul Jihad, Cipedak Jaksel, Cece Solihin (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)
Jakarta - Marbut Masjid Darunni'mah Lebak Bulus, Jaksel, Djaelani Suhanda Sogiri bercerita saat diberi tahu akan menunaikan ibadah umrah secara gratis. Djaelani tak menduga tawaran umrah gratis itu datang kepada dirinya.

"Awalnya saya lagi duduk di tangga, habis rapi-rapi, datang ketua masjid, nanya, 'Bang, berangkat ya?' 'Berangkat ke mana, Pak Haji?', saya bilang. Ketua DKM itu (yang minta). 'Saya nggak bisa apa-apa, Pak Haji'. 'Sudah, berangkat saja, bismillah," kata Djaelani di Double Tree Mekah, Arab Saudi, Sabtu (9/11/2019).



Djaelani kemudian mengurus segala administrasi keberangkatan umrah. Setelah itu, Djaelani mengikuti setiap tahapan pembekalan yang digelar DMI Jakarta.

"Saya urus besok ke DMI, isi formulir, hari kedua pengetesan, terus berlanjut ke tiap masjid dari DMI, Cipete pembekalan masjid Ragunan terus nyampai sekarang," ujar dia.

Marbut Masjid Darunni'mah Lebak Bulus, Jaksel, Djaelani Suhanda Sogiri Marbut Masjid Darunni'mah Lebak Bulus, Jaksel, Djaelani Suhanda Sogiri. (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)


Menurut Djaelani, pengalaman beribadah di Tanah Suci merupakan pengalaman yang sangat berkesan. Dia akan berbagi cerita mengenai pengalaman tersebut dengan keluarga di Tanah Air.

"Berdasarkan pengalaman mungkin nanti bisa diceritain, dari awal sampai akhir bisa diceritain. Pengalaman kita di sini, mau begini dan begini. Bisa diceritain," tutur dia.



Sedangkan Marbut Masjid Al Istiqomah Kuningan Timur, Mahmudi Abdul Roni, bersyukur diberi kesempatan beribadah di Tanah Suci. Dia terharu karena tak pernah terbayangkan sebelumnya bisa bertamu ke Baitullah.

"Alhamdulillah selama di Madinah dan Mekah, tidak terpikir bakal begini. Nikmatnya yang telah diberikan kepada semua marbut dan tidak terpikir dan terbayangkan rasa sedih dan terharu, tidak membayangkan dari segi makan, dari segi jamuan dan tempat tidur, hotel alhamdulillah bagus," ujar dia.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com