detikNews
Sabtu 09 November 2019, 12:45 WIB

326 Kampung di Serang Ikut Lomba Jadi yang Paling Bersih dan Aman

Moch Prima Fauzi - detikNews
326 Kampung di Serang Ikut Lomba Jadi yang Paling Bersih dan Aman Foto: Dok. Pemkab Serang
Jakarta - Sebanyak 326 kampung di Kabupaten Serang berkompetisi dalam Lomba Kampung Bersih dan Aman yang digelar Pemkab Serang, Polda Banten, Korem 064/Maulana Yusuf Banten, dan media lokal. Kampung yang berkompetisi sudah terseleksi dan mewakili setiap desa di Kabupaten Serang.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta warga konsisten dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan aman. Tatu menjelaskan, lingkungan yang bersih dan aman sudah semestinya diterapkan oleh warga melalui kesadarannya dengan menghidupkan kembali tradisi gotong royong.

"Antusiasme warga untuk mengikuti perlombaan ini merupakan hal yang positif dan bisa menjadi kebiasaan yang bisa diterapkan oleh Kampung lain," ungkap Tatu dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/11/2019).


Hal itu, dikatakan Tatu setelah roadshow lomba Kampung Bersih dan Aman di Kecamatan Cikande dan Kibin. Sebelum roadshow, Tatu melakukan senam bersama ratusan warga di Lapangan Cikande, Jumat (08/11).

Ia juga menuturkan, Pemkab Serang akan terus berupaya mendorong masyarakat agar kembali melakukan gotong royong dalam menjaga lingkungan dan keamanan sekitar, dengan melibatkan perangkat kecamatan dan desa untuk turut serta mengajak warganya.

"Kami akan terus sosialisasikan agar warga bisa menjaga lingkungan," kata Tatu.

Dia menegaskan, kampung bersih dan sehat akan menjadi budaya yang diterapkan seluruh kampung di Kabupaten Serang agar tingkat kesehatan bisa terus meningkat.

"Kami apresiasi kepada masyarakat yang antusias mengikuti lomba kampung bersih dan aman.Hasilnya juga sudah mulai terlihat membaik," imbuhnya.


Sebelumnya, ratusan Ketua Rukun Warga (RW), Kepala Desa, dan Camat se-Kabupaten Serang antusias mengikuti sosialisasi lomba Kampung Bersih dan Aman di lapangan Tennis Indoor Pemkab Serang, Rabu (31/07). Mereka kompak untuk menyukseskan event yang akan dijadikan agenda tahunan di Kabupaten Serang. Hal itu, dilakukan agar meningkatkan kesadaran masyarakatnya terhadap kebersihan lingkungan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Serang, Rudi Suhartanto mengatakan, lomba tersebut bertujuan menciptakan desa yang mandiri serta mampu memberdayakan masyarakat untuk peduli kebersihan dan keamanan lingkungannya.

"Setiap Desa mengirimkan perwakilan Kampung atau RW untuk ikut dalam lomba ini. Nanti, bertahap Kampung yang ikut lomba bisa menularkan konsep kemandirian masyarakat kepada Kampung lain," pungkasnya.
(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com