detikNews
2019/11/09 12:45:03 WIB

Syaikhu Singgung Komitmen Prabowo, Ini Cerita di Balik 'Deal' soal Wagub DKI

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Syaikhu Singgung Komitmen Prabowo, Ini Cerita di Balik Deal soal Wagub DKI Presiden PKS Sohibul Iman, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri, dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: dok. PKS)
Jakarta - Tarik-ulur kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta masih bergulir. Gerindra baru-baru ini mengajukan empat nama baru untuk kursi DKI-2.

PKS tak tinggal diam. Partai berlogo bulan sabit kembar itu mengungkit 'janji' Prabowo Subianto soal deal kursi wagub. Bagaimana ceritanya?

'Janji' Prabowo soal kursi Wagub DKI ini memang tak disampaikan langsung oleh Ketum Gerindra itu. Namun, di level pimpinan Gerindra dan PKS pusat, beberapa kali me-mention partai yang diketuai Sohibul Iman itu dipastikan mendapat jatah DKI-2.



Mundur setahun ke belakang, Presiden PKS Sohibul Iman pada September 2018 sempat menyambangi kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan. Salah satu pembahasannya adalah menagih komitmen Gerindra terkait kursi kosong Wagub DKI.

"Dan tentu tadi disampaikan tentang Wagub juga dibicarakan kepada Pak Salim dengan Pak Prabowo pada intinya komitmen Pak Prabowo ketika meminta kami mendukung sebagai capres, di mana di situ disampaikan bahwa salah satu yang diberikan pada PKS adalah posisi Wagub," ujar Sohibul, Kamis (20/9/2018).

Sohibul mengatakan Prabowo ketika itu tetap berkomitmen bahwa PKS akan mengisi kursi Wagub.

"Tadi sudah disampaikan dan ditanyakan kembali dan Pak Prabowo tetap commit. Dan kami sudah meminta Pak Prabowo untuk segera membuat surat ajuan tentang pencalonan dua nama dari PKS," ujar Sohibul.



Pada saat itu, Gerindra-PKS belum sepakat soal nama yang bakal dicalonkan. Prabowo bahkan sempat menyerahkan urusan Wagub DKI ke M Taufik, termasuk nama-nama yang akan dicalonkan oleh Gerindra.

"Ketua Gerindra Jakarta namanya Muhammad Taufik. Kalau partai saya gitu, kalau ketua provinsi dia yang tentukan, kalau ketua DPC dia tentukan, saya bagaimana beliaulah," ujar Prabowo kepada wartawan di Klender, Jakarta Timur, Rabu (24/10/2018).

"Tenang saja, you tunggu waktunya pengumuman. Tanya Pak Taufiklah siapa," ujarnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com