detikNews
2019/11/09 09:25:08 WIB

Setuju dengan PDIP soal Tak Ada Kawan Abadi, NasDem: Namun, Ada Etika

Isal Mawardi - detikNews
Halaman 1 dari 1
Setuju dengan PDIP soal Tak Ada Kawan Abadi, NasDem: Namun, Ada Etika Foto: Irma Suryani Chaniago. (Samsudhuha Wildansyah/detikcom).
Jakarta - Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago setuju dengan politikus PDIP Ahmad Basarah yang menyebut tak ada kawan abadi dalam politik. Namun, Irma mengingatkan bahwa dalam berpolitik harus mengedepankan etika.

"Politik itu kan dinamis, betul kata Mas Ahmad Basarah bahwa dalam politik tidak ada kawan atau lawan abadi, yang ada hanya kepentingan. Namun dalam politik tentu harus ada etika dan komitmen. Tidak selamanya kita selalu menggunakan politik praktis," kata Irma Jumat (8/11/2019).

Basarah diketahui menyatakan tak ada kawan yang abadi saat ditanya perihal hubungan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Surya Paloh. Irma mengingatkan, partai politik tidak boleh terlalu pragmatis.

"Sesekali kita juga harus menggunakan politik etis, parpol harus mampu memberikan diskursus yang baik pada publik terkait dengan komitmen partai pada konstituen (pemilih). Partai politik yang baik tidak boleh juga terlalu pragmatis, apa lagi tidak satu kata dan perbuatan," jelasnya.


Terkait hubungan Paloh dengan Megawati, Irma memastikan tak ada masalah. NasDem, sebut Irma, akan senantiasa menjaga persahabatan.

"Hubungan pak Surya dengan Ibu Mega, menurut ketua umum kami, tidak ada masalah kalau dari NasDem. Tetapi kami tidak tahu jika dari PDIP. By the way insyaallah kami senantiasa menjaga persahabatan, baik pada kawan koalisi maupun pada kawan di luar koalisi," ujar Irma.



Bahkan, Irma pun memuji sikap Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Menurutnya, PKS melakukan hal bijak dengan mengawal pemerintahan dengan tetap menjadi oposisi.

"Kami menghargai sikap PKS, karena partai itu berani secara tegas mengatakan ingin menjadi check and balances. PKS mampu menjaga martabat partai dengan tetap tetap berada di luar (koalisi pemerintah)," ujar Irma.


Simak Video "Membaca Gerakan Arah Partai Nasdem"

[Gambas:Video 20detik]


(isa/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com