detikNews
2019/11/09 08:03:09 WIB

Round-Up

Beda Para Menteri Soal Dana 'Siluman'

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Beda Para Menteri Soal Dana Siluman Foto ilustrasi desa hantu (Denny Putra/Infografis)
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengabarkan adanya dana siluman yang tersedot ke desa-desa hantu. Isu bergulir, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyelidiki, namun bantahan datang dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

"Sekarang muncul desa-desa baru yang nggak ada penduduknya karena adanya dana desa," kata Sri Mulyani, Senin (4/11) awal pekan ini.



Ini adalah bukti bahwa masih banyak oknum yang ingin memanfaatkan alokasi dana desa secara tidak bertanggungjawab. Padahal, kata Sri Mulyani mengungkapkan bahwa penyaluran anggaran tersebut belum sepenuhnya efektif.

Kementerian Keuangan mengalokasikan anggaran dana desa sebesar Rp 70 triliun di tahun 2019. Indonesia memiliki 74.597 desa di 2019, di mana setiap desa mendapatkan anggaran sekitar Rp 900 juta.



Kemendagri kemudian mengungkapkan bahwa fenomena desa 'hantu' alias tak berpenghuni berada di salah satu Kabupaten, Provinsi Sulawesi Tenggara. Desa tersebut sengah dibentuk demi mendapatkan aliran uang program dana desa. Izin pembentukan desa tersebut akan dicabut.

Beda Para Menteri Soal Dana 'Siluman' Foto: Sri Mulyani ke Istana (Andhika/detikcom)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com