detikNews
Jumat 08 November 2019, 23:25 WIB

Kolera Babi Mewabah di Sumut, Kandang Babi di Sergai Disemprot Disinfektan

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
Kolera Babi Mewabah di Sumut, Kandang Babi di Sergai Disemprot Disinfektan Kandang babi di Sergai disemprot disinfektan. (Foto: Khairul Ikhwan Damanik/detikcom)
Medan - Dinas Ketahanan Pangan Serdang Bedagai (Sergai) melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi peternakan babi milik warga. Langkah ini dilakukan untuk mengatasi mewabahnya kolera babi.

Peternakan milik warga yang disemprot disinfektan itu antara lain berada di Desa Sei Belutu, Kecamatan Sei Bamban. Petugas yang mengenakan pakaian khusus, menyemprotkan cairan anti kuman itu ke sekitar kandang.



Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sergai, Awaluddin menyatakan, penyemprotan ini merupakan salah satu upaya mengatasi penyebaran virus kolera babi. Populasi babi di Sergai mencapai 31.000 ekor. Dari jumlah itu, 500 di antaranya diketahui mati akibat kolera babi, dan bangkainya ada yang ditemukan di sungai.

"Tadi kita melakukan pengecekan di Sungai Bedagai, di sana kita menemukan setidaknya ada sepuluh bangkai babi, yang kemudian kita tanam," kata Awaluddin.



Ribuan babi mati akibat mewabahnya virus hog cholera atau demam babi di 11 kabupaten dan kota di Sumut. Bangkai-bangkai itu sebagian dibuang peternak ke sungai. Di Medan, bangkai babi itu ditemukan di aliran Sungai Bederah dan Sungai Babura.
(rul/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +