detikNews
2019/11/08 21:59:02 WIB

Surya Paloh Bicara Partai yang Ngaku Pancasilais tapi Sinis

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Halaman 1 dari 2
Surya Paloh Bicara Partai yang Ngaku Pancasilais tapi Sinis Surya Paloh (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh bicara soal kecurigaan pihak tertentu terkait rangkulan politik. Kecurigaan tersebut Paloh kaitkan dengan Pancasila.

"Semua penuh dengan kecurigaan maka kita semakin menjauhi nilai-nilai yang namanya Pancasila. Pancasila sebagai pegangan kita," kata Paloh, saat sambutan Kongres II Partai NasDem, di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019).



Paloh lalu mengatakan, meski Indonesia menganut nilai Pancasila, namun ada partai yang mengaku-ngaku paling Pancasilais dan nasionalis. Dia pun meminta partai tersebut membuktikan ke-Pancasilais-an partai tersebut kepada rakyat.

"Ngakunya partai nasionalis partai yang pancasilais, ya buktikan saja di rakyat yang membutuhkan pembuktian. Partai mana yang paling menanamkan nilai-nilai Pancasila, saudara-saudara," ujar Paloh disambut gemuruh kader NasDem.



Paloh pun berseloroh, jika partai yang berpropaganda negatif, partai itu bukan partai Pancasilais. Selain progpaganda negatif, dia pun menyebut partai yang sinis dan mengajak berkelahi sebagai partai yang tidak Pancasilais.

"Kalau partai yang masih mengundang cynical propaganda yang kosong, mengajak berkelahi satu sama yang lainnya, ah yang pasti itu bukan Pancasilais itu," sindirnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com