detikNews
2019/11/08 20:04:13 WIB

Evaluasi Pilkada Langsung Diharap Tak Lemahkan Partisipasi Politik

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 3
Evaluasi Pilkada Langsung Diharap Tak Lemahkan Partisipasi Politik Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini menilai evaluasi pilkada langsung penting untuk dilakukan. Namun, ia mewanti-wanti agar evaluasi itu tidak sampai melemahkan partisipasi politik masyarakat.

"Mengevaluasi pilkada memang sangat penting, agar kita bisa terus memperbaiki ketentuan yang ada dan mengatasi berbagai kelemahan dalam pengaturan maupun praktik yang ada di lapangan. Namun, jangan sampai solusinya justru malah memperlemah partisipasi politik dan kedaulatan rakyat," kata Titi kepada wartawan, Jumat (8/11/2019).



Titi meminta Mendagri Tito Karnavian menghindari kebijakan yang kontroversial. Ia berharap Tito lebih fokus pada hal-hal yang lebih mendesak.

"Mendagri mestinya menghindari kebijakan yang kontroversial dan kontraprodukrif, serta mestinya bisa lebih fokus pada hal-hal mendesak yang perlu dituntaskan. Misal soal kesiapan penganggaran Pilkada 2020, mengembalikan stabilitas pelayanan publik di daerah-daerah yang terpapar konflik, misal di Papua dan Papua Barat, menuntaskan perekaman KTP elektronik dan konsolidasi administrasi kependudukan warga negara, serta masih banyak pekerjaan rumah dalam negeri lainnya," jelasnya.



Perdebatan soal pilkada langsung atau tidak langsung ini menurut Titi ibarat memutar kaset lawas dengan lagu lama yang terus diulang. Perdebatan itu disebut Titi seperti langkah mundur dan menghabiskan energi.

"Ini perdebatan pilkada langsung atau tidak langsung ibarat memutar kaset yang sudah usang. Bukan hanya langkah mundur di tengah mulai menguatnya partisipasi politik warga, tapi juga menghabiskan energi publik yang mestinya bisa dikelola untuk hal-hal yang lebih produktif dan konstruktif," ujar Titi.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com