detikNews
2019/11/08 19:45:28 WIB

Pakar Hukum Pidana Al Azhar Bicara Kasus Meme 'Joker' Anies

Farih Maulana Sidik - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pakar Hukum Pidana Al Azhar Bicara Kasus Meme Joker Anies Diskusi Menuju Penegakkan Hukum Tanpa Diskriminatif 'Bedah Kasus Meme Joker' di kantor Bang Japar. (Farih MS/detikcom)
Jakarta - Dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando dilaporkan Fahira Idris terkait meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berwajah Joker. Menurut Pakar Hukum Pidana Universitas Al Azhar Indonesia Suparji Ahmad, pasal yang disangkakan sudah memenuhi unsur untuk menjerat Ade Armando.

"Kalau dilihat dengan unsur subyektif, unsur perbuatannya, melihat obyeknya, melihat pasal yang ada. Maka pasal itu sudah dapat dikategorikan memenuhi atas unsur-unsur perbuatan," ujar Suparji dalam Diskusi Menuju Penegakkan Hukum Tanpa Diskriminatif 'Bedah Kasus Meme Joker' di kantor Bang Japar, Jl Haji Sa'abun, Jatipadang, Pasar Minggu, Jaksel, Jumat (8/11/2019).



Suparji mengatakan unsur pertama yakni Unsur perbuatan Ade Armando terkait mengkritik kebijakan Anies yang dibuatnya menjadi meme berwajah 'Joker'. Selain itu, kata dia, dimasukan juga tulisan-tulisan kemudian menggunggahnya ke media sosial pribadinya.

"Perbuatan yang bersangkutan itu kalau melihat pengakuan yang bersangkutan dia dalam rangka mengkriktik kebijakan usulan Gubernur DKI. Terus kemudian bagian dari mengkritik itu me-reposting foto Anies Gubernur yang diubah menjadi joker tadi, terus kemudian ada kalimat gubernur pengkianat, menteri dipecat, dan sebagainya kan. Terus kemudian dia reposting di Facebooknya, nah itu kan perbuatannya," katanya.



Kedua, kata Suparji, Ade Armando memenuhi unsur kesengajaan dengan membagikan unggahan itu di media sosial. Kemudian unsur berikutnya melawan hukum atau tanpa hak. "Ini adalah unsur tidak seizin kepada yang bersangkutan atau unsur bertentangan dengan orang lain atau unsur bertentangan dengan perundang-undangan, maka masuk di situ unsurnya terpenuhi," jelasnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com