detikNews
Jumat 08 November 2019, 17:50 WIB

Segera Dilantik Jadi Ketua KPK, Firli Bahuri Dapat Promosi Jadi Kabaharkam

Audrey Santoso - detikNews
Segera Dilantik Jadi Ketua KPK, Firli Bahuri Dapat Promosi Jadi Kabaharkam Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Ketua KPK terpilih Irjen Firli Bahuri dipromosikan sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri. Firli akan meninggalkan jabatan Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) dan menggantikan Komjen Condro Kirono yang akan memasuki masa pensiun.

Mutasi Firli tertuang dalam surat telegram bernomor ST/3020/XI/KEP./2019 yang terbit pada Jumat, 8 November 2019. Surat telegram tersebut diteken Asisten Kapolri bidang SDM (As SDM) Irjen Eko Indra.

Dengan dipromosikannya Firli sebagai Kabaharkam, maka pangkat Firli akan disesuaikan dengan jabatan tersebut. Firli akan menyandang pangkat jenderal bintang tiga atau komisaris jenderal polisi (komjen pol).

Sepeninggalan Firli, jabatan Kapolda Sumsel akan diisi oleh Irjen Priyo Widyanto, yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim). Jabatan yang ditinggalkan Priyo akan diisi oleh Irjen Muktiono, yang saat ini menjabat sebagai Koorsahli Kapolri.

Komisi III DPR RI telah memilih lima nama Pimpinan KPK baru untuk periode 2019-2023. Salah satu nama yang terpilih adalah Irjen Firli Bahuri yang dipilih secara aklamasi jadi Ketua KPK.


Simak juga video "Jokowi Lantik Dewan Pengawas KPK Minggu ke-3 Desember" :

[Gambas:Video 20detik]


(aud/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com