detikNews
2019/11/08 16:32:38 WIB

Cerita Sandiaga soal Pasang Surut Berbisnis hingga Singgung Kalah Pilpres

Dwi Andayani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Cerita Sandiaga soal Pasang Surut Berbisnis hingga Singgung Kalah Pilpres Sandiaga Uno (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno menceritakan pengalamannya dalam berbisnis dan merasakan kegagalan. Sandi menyebut untuk memulai bisnis tidak perlu memiliki modal usaha.

"Kita nggak perlu harus punya modal dulu baru mulai, tapi kalau kita bisa ngejalanin dengan niat, tulus, ikhlas. Kita ingin mendapatkan keberkahan insyaallah dibukakan jalan," ujar Sandi dalam talkshow dengan tema 'Adu Ilmu Bisnis: Sandiaga Uno Vs Dewa Eka Prayoga' di kuningan City Mall, Jakarta Selatan, Jumat (8/11/2019).


Sandi mengatakan modal usaha bisa dimulai dalam bentuk silaturahmi dengan banyak orang. Dia menyebutkan, awal memulai bisnisnya bersama dengan teman yang juga mengalami masalah keuangan.

"Kalau kita punya teman itu udah merupakan aset kita, jadi saya selalu percaya bahwa di bisnis itu adalah silaturahim dan silaturahmi itu selalu ada. Ada teman lama waktu itu, mengalami hal yang sama bedanya tempat saya ini punya orang tua yang bisa memberikan modal awal jadi kita bermitra," kata Sandi.

Sandi menyebut setiap pebisnis memiliki target yang berbeda dalam menjalankan usahanya. Oleh sebab itu, dia mengingatkan setiap pebisnis agar tidak berpikir secara linier.


Sebagai pebisnis, lanjut dia, harus bisa melihat sebuah ekosistem di mana ada peluang yang bisa dijalankan. Dia juga menuturkan, setiap orang harus tetap bersyukur dan sabar dalam menghadapi kegagalan.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com