detikNews
2019/11/08 15:44:28 WIB

Maulid Nabi Muhammad 1441 H

Kisah Nabi Muhammad Kirimi Surat Pemimpin Dunia Agar Masuk Islam

Erwin Dariyanto - detikNews
Halaman 1 dari 5
Kisah Nabi Muhammad Kirimi Surat Pemimpin Dunia Agar Masuk Islam Kisah Nabi Muhammad dan surat surat Nabi Muhammad SAW (Foto: iStock)
Jakarta -

Kisah Nabi Muhammad SAW dalam berdakwah mengalami kemajuan di awal tahun 627 Masehi yakni setelah disepakatinya perjanjian Hudaibiyah. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pun mengirimkan surat ke para raja di dunia dan pemimpin Arab untuk memeluk Islam.



Dikutip dari Sirah Nabawiyah karya Abdul Hasan 'Ali al-Hasani an-Nadwi kisah Nabi Muhammad SAW mengirimkan surat surat itu pada bulan Dzulhijah tahun ke enam hijrah. Musabab para raja itu tak akan menerima surat jika tidak ada suatu tanda (stempel), maka Nabi Muhammad membuat stempel yang terbuat dari perak bertuliskan, "Muhammad Rasulullah".



Kisah Nabi Muhammad SAW mengirim surat kepada raja-raja di Arab untuk memeluk Islam itu banyak ditulis dalam Sirah Nabawiyah yang bersumber dari hadits-hadits. Berikut ini surat-surat Rasulullah SAW dikutip dari Sirah Nabawiyah karya Abdul Hasan 'Ali al-Hasani an-Nadwi:

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com