detikNews
Jumat 08 November 2019, 11:39 WIB

Pedagang Baju di Trotoar Pasar Senen Belum Bisa Ditertibkan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Pedagang Baju di Trotoar Pasar Senen Belum Bisa Ditertibkan Ilustrasi Foto: Pedagang Pasar Senen jualan di trotoar (Dewi detik)
Jakarta - Pedagang baju yang berdagang di trotoar Pasar Senen, Jakarta Pusat belum bisa ditertibkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal itu karena belum ada tempat relokasi para pedagang tersebut.

"Kami sudah komunikasi dengan Pasar Senen kira-kira, mana tempat yang bisa (untuk tempat) relokasi. Tahapannya, sosialisasi ke mana mereka akan pindah, setelah itu akan kita tertibkan," ucap Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) DKI Jakarta, Arifin, saat dihubungi, Jumat (8/11/2019).

Menurut Arifin, para pedagang baju itu adalah korban kebakaran hebat Pasar Senen pada Kamis (19/1/2017) mulai pukul 04.20 WIB hingga Jumat (20/1/2017). Akhirnya, pedagang menjadikan trotoar sebagai tempat berdagang sementara.


"Harapan mereka masuk di Pasar Senen. Beberapa (orang) sebelumnya adalah pedagang yang ada di dalam, yang waktu itu kejadian kebakaran kemudian direlokasi ke tempat di situ," kata Arifin.

Pemerintah Kota Jakarta Pusat bersama dengan Satpol PP menargetkan waktu satu minggu untuk mencari lokasi relokasi.


"Dalam satu minggu ke depan kita sosialisasikan. Bersama Pemkot Jakarta pusat mencari tempat relokasi," kata Arifin.

Saat ini, Satpol PP hanya bisa mengawasi pedagang agar tidak berjalan terlalu tengah. Berbeda jika sudah ada tempat relokasi tapi tidak mau pindah.

"Itu upaya minimal yang kami lakukan seperti itu. Berikutnya kalau sudah sosialisasikan dengan aparat Kota Jakarta Pusat. Kalau disampaikan ke mana pindahnya, (kalau) nggak mau pindah. Kami akan lakukan upaya penegakan hukum," kata Arifin.




Tonton juga video Usai Direvitalisasi, Trotoar di Otista Malah Jadi Lahan Parkir:


(aik/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com