detikNews
2019/11/08 10:52:50 WIB

PDIP: Kritik Mendagri Tito Soal Mudarat Pilkada Langsung Relevan

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 3
PDIP: Kritik Mendagri Tito Soal Mudarat Pilkada Langsung Relevan Foto: Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - PDIP menanggapi positif pernyataan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang akan mengevaluasi pilkada langsung. PDIP setuju pemilu langsung menyebabkan biaya politik yang tinggi.

"Pemilu langsung selama ini selain berbiaya mahal, memunculkan oligarki baru, kaum pemegang modal dan yang memiliki akses media yang luas, serta mereka yang mampu melakukan mobilisasi sumber dayalah yang berpeluang terpilih," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Jumat (8/11/2019).


Sistem pemilu langsung, selain menelan biaya tinggi, menurut Hasto juga berpotensi menyebabkan korupsi dan memunculkan ketegangan politik. Hasto menilai sistem politik seharusnya sejalan dengan demokrasi Pancasila.

"Sistem politik, sistem kepartaian, dan sistem pemilu harus senafas dengan demokrasi Pancasila yang mengandung elemen pokok perwakilan, gotong royong, dan musyawarah," ujarnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com