detikNews
2019/11/08 07:56:55 WIB

Round-Up

Wakil-wakil Baru dari Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 4
Wakil-wakil Baru dari Jokowi Presiden Jokowi (Dok Biro Pers Setpres).
Jakarta - 12 Wakil Menteri yang memperkuat Kabinet Indonesia Maju memang sudah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 25 Oktober lalu. Kini ada lagi wakil-wakil baru yang bakal memperkuat kementerian, lembaga, hingga militer.

Posisi untuk wakil-wakil baru itu ada tiga, yakni wakil panglima TNI, wakil kepala staf kepresidenan, dan wakil menteri pendidikan dan kebudayaan.

1. Wakil panglima TNI

Presiden Jokowi meneken Perpres 66 Tahu 2019 tentang Susunan Organisasi TNI pada 18 Oktober 2019. Dalam susunan organisasi yang tercantum di Perpres itu, ada posisi wakil panglima TNI.

Di dalam Pasal 15 dijelaskan Wakil Panglima merupakan koordinator pembinaan kekuatan TNI guna mewujudkan interoperabilitas/Tri Matra Terpadu, yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima. Sementara itu, di bagian lampiran, disebutkan posisi Wakil Panglima TNI diisi Perwira Tinggi Bintang 4. Pangkat setinggi ini juga dipunyai Panglima TNI.

Tugas wakil panglima adalah membantu pelaksanaan tugas harian panglima, memberikan saran kepada panglima terkait pelaksanaan kebijakan pertahanan negara, pengembangan postur TNI, melaksanakan tugas panglima apabila panglima berhalangan, dan melaksanakan tugas lain yang diperintahkan panglima.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com