detikNews
2019/11/08 07:53:37 WIB

Yunahar Disebut Bakal Jadi Ketum MUI, Zainut Tauhid: Munas Tahun 2020

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Halaman 1 dari 2
Yunahar Disebut Bakal Jadi Ketum MUI, Zainut Tauhid: Munas Tahun 2020 Foto: Wamenag Zainut Tauhid Saadi. (Isal-detikcom)
Jakarta - Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengklaim Ma'ruf Amin menyatakan Yunahar Ilyas bakal menjabat Ketua Umum MUI periode selanjutnya. Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tahuid menyebut pemilihan ketua umum MUI baru akan digelar sekitar pertengahan tahun 2020.

"Yang pertama yang harus kami sampaikan, yang pertama penggantian ketua umum baru dilaksanakan pada munas (Musyawarah Nasional) yang akan diselanggarakan tahun 2020. Ancer-ancernya kalau sesuai jadwal ya seperti yang lalu, ya bulan Agustus, bulan Agustus atau bisa maju atau bisa mundur sesuai keputusan rapim (rapat pimpinan) yang akan datang," kata Zainut Tauhid saat dihubungi, Kamis (7/11/2019) malam.



Zainut mengatakan dirinya bersama Yunahar Ilyas yang menjabat waketum saat ini melaksanakan tugas-tugas Ketua Umum MUI. Ini karena Ma'ruf Amin saat ini berstatus ketua umum nonaktif setelah dilantik menjadi Wakil Presiden RI.

"Kemudian posisi Pak Ketum Pak Kiai Ma'ruf Amin sekarang ini dalam posisi tetap sebagai ketum nonaktif sejak beliau dilantik menjadi Wapres RI. Untuk tugas ketum sekarang ini ditangani atau dilaksanakan oleh waketum-waketum, ada Pak Yunahar Ilyas dan saya sebagai waketum," ucap Zainut Tauhid.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com