Round-Up

Teka-teki Tersisa dari Tewasnya Randi Saat Demonstrasi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 08 Nov 2019 07:22 WIB
Foto: Ari Saputra
Foto: Ari Saputra



Kepala Biro Provost Divisi Propam Mabes Polri Brigjen Hendro Pandowo, Kamis (3/10), mengatakan ada 3 jenis senpi yang dibawa 6 polisi saat pengamanan demo yang berakhir ricuh di DPRD Sultra.

"Hasil pemeriksaan kita keenam (polisi) itu bawa senjata api laras pendek. Jenisnya S&W, HS, MAG," kata Hendro.

Dalam sidang disiplin, Polri menyatakan 6 anggota Polres Kendari berinisial DK, GM, MI, MA, H, dan E terbukti bersalah saat melakukan pengamanan unjuk rasa di DPRD Sultra karena membawa senjata api.

Keenam anggota Polri tersebut diberikan hukuman disiplin berlapis. Hukuman tersebut mulai dari teguran lisan, penundaan kenaikan pangkat, serta kurungan selama 21 hari.

Randi tewas tertembak dalam demo berujung bentrok dengan polisi di depan gedung DPRD Sultra pada Kamis (26/9). Gabungan tim dokter forensik yang melakukan autopsi memastikan Randi tewas karena terkena tembakan senjata api.

Ketua Tim Forensik dr Raja Alfatih Widya, yang melakukan autopsi, membenarkan lubang pada dada Randy akibat tembakan. Selain Randi, ada mahasiswa lain, Muh Yusuf Kardawi (19), yang tewas karena luka di kepala saat berdemonstrasi.
Halaman

(fdn/fdn)