Profil Tiga Kepala Staf TNI yang Berpeluang Jadi Wakil Panglima

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 07 Nov 2019 16:55 WIB
Foto: Para Kepala Staf TNI saat pelantikan. Dari kiri atas KSAL Siwi Sukma (kiri atas), KSAD Andika Perkasa (kanan atas) dan KSAU Yuyu Sutisna (bawah) (detikcom)
Foto: Para Kepala Staf TNI saat pelantikan. Dari kiri atas KSAL Siwi Sukma (kiri atas), KSAD Andika Perkasa (kanan atas) dan KSAU Yuyu Sutisna (bawah) (detikcom)

1. KSAD Andika Perkasa

KSAD saat ini adalah Jenderal Andika Perkasa. Berdasarkan catatan detikcom, Andika merupakan lulusan Akmil tahun 1987. Ia mengawali kariernya di Grup 2/Para Komando Kopassus. Ia kemudian juga sempat bertugas di satuan elite penanggulangan teror, Sat 81 Gultor Kopassus.

Andika juga pernah bertugas di Departemen Pertahanan pada 2001. Pria kelahiran Bandung, 21 Desember 1964, itu juga pernah berkarier di BAIS.

Profil Tiga Kepala Staf TNI yang Berpeluang Jadi Wakil PanglimaFoto: KSAD Andika Perkasa usai dilantik oleh Presiden Jokowi (Rengga Sancaya)


Andika diketahui banyak menghabiskan waktu untuk studi di luar negeri di awal kariernya. Ia memiliki 3 gelar master dari universitas di Amerika Serikat. Andika pernah mengemban pendidikan di Norwich University. Kemudian pada 2003, Andika melanjutkan studi di National War College (NWC), yang merupakan bagian dari National Defense University, Washington, DC.


Pada 2002, Andika diangkat menjadi Danyon 32 Grup 3/Sandha Kopassus. Setelah beberapa kali pindah tugas, ia kemudian dipromosikan menjadi Komandan Rindam Jaya pada 2011. Lewat jabatan ini, Andika memperoleh kenaikan pangkat menjadi kolonel.

Pada pertengahan 2012, Andika diangkat menjadi Komandan Korem 023/Kawal Samudera di Sibolga. Belum ada setahun, ia lalu dipromosikan menjadi Kepala Dinas Penerangan TNI AD, yang mengantarkannya meraih bintang satu di pundak alias pangkat brigadir jenderal (brigjen).

Hanya sebelas bulan menjadi Kadispenad, Andika diangkat menjadi Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) pada Oktober 2014. Andika dipilih sendiri oleh Presiden Joko Widodo. Menantu eks Kepala BIN Hendropriyono ini pun mendapat kenaikan pangkat menjadi mayor jenderal (mayjen). Hingga pada akhirnya, pada 22 November 2018, Andika diangkat menjadi KSAD menggantikan Jenderal Mulyono.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4