detikNews
2019/11/07 15:17:14 WIB

'Gurihnya' Uang Parkir di Minimarket

Pasti Liberti Mappapa, Deden Gunawan - detikNews
Halaman 1 dari 3
Gurihnya Uang Parkir di Minimarket Foto: Salah satu minimarket di Bekasi. Foto hanya untuk keperluan ilustrasi/detikcom
Jakarta - Febi, pemuda berusia 24 tahun yang sehari-hari menjadi juru parkir (jukir) di salah satu minimarket di Jalan Sepanjang Raya, Kota Bekasi, menanggapi enteng kabar keinginan sejumlah ormas di Kota Bekasi yang akan mengelola sejumlah minimarket di wilayah itu.

"Pengelolaan parkir di sini (Alfamidi) sudah belasan tahun dikelola warga kampung sini. Nggak bakal berani ormas ambil wilayah ini," kata pria bertubuh kurus tersebut saat ditemui detikcom, Rabu (6/11/2019).

Bekerja sebagai jukir, Febi memulainya jam kerjanya mulai pukul 8 pagi hingga jelang magrib. Pekerjaan ini acap kali dipandang sebelah mata. Namun bagi Febi penghasilan yang diperolehnya terbilang lumayan.

Dia mengungkapkan bisa mengantongi kurang lebih Rp 200 ribu dengan hampir 12 jam bekerja mengatur mobil dan motor di tempat itu. Itu pun sudah dipotong setoran ke koordinator yang menguasai kawasan itu sebesarnya Rp 30 ribu.

"Biasanya saya dapat satu shift Rp 300 ribu dipotong buat bos Rp 30 ribu," terang Febi. Setoran tersebut ujar Febi, diteruskan pada Bendahara Penerimaan Pembantu UPTD Pajak dan Retribusi Daerah di kantor kecamatan.

Febi menuturkan dirinya sudah jadi jukir di kawasan itu sejak 2012 lalu. Saat itu minimarket masih berukuran kecil dengan tempat parkir yang terbatas. "Waktu tempat ini baru dibuka sehari dapatnya ya Rp 50 ribu aja sudah dipotong setoran," ujarnya.

Namun saat minimarket tersebut diperbesar sejak tiga tahun lalu, pendapatannya pun turut melonjak tajam. Parkiran yang semula sempit turut diperbesar. Kini parkirannya bisa menampung 10 mobil dan puluhan roda dua.

"Alhamdulilah karena tokonya makin komplit dan lahan parkiran bertambah luas, pengunjung juga nambah, otomatis uang parkir jadi lebih banyak," ujarnya. Berkat uang parkir yang dikumpulkannya bertahun-tahun, Febi juga bisa meminang gadis pujaan hatinya tahun lalu.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com