detikNews
2019/11/06 21:10:28 WIB

Bowo Sidik Kecewa Sumber Gratifikasi Tak Disebut, KPK Jelaskan Ini

Ibnu Hariyanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bowo Sidik Kecewa Sumber Gratifikasi Tak Disebut, KPK Jelaskan Ini Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - KPK memberikan penjelasan atas kekecewaan mantan anggota DPR Bowo Sidik Pangarso soal ketiadaan sumber gratifikasi yang diduga diterimanya dalam surat tuntutan. KPK mengaku kini fokus pada pengungkapan pasal gratifikasi yang didakwakan ke Bowo Sidik.

"Perlu dipahami tuntutan yang diajukan KPK itu berdasar pada pasal 12 B, pasal gratifikasi. Tentu kami fokus terlebih dahulu pada penerimanya," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (6/11/2019).

"Maka Pasal 12 B (besar) itu fokus pada, pertama apakah ada penerimaan gratifikasi atau tidak. Kedua, apakah ada hubungan jabatan terkait penerimaan tersebut dan, ketiga apakah itu dilaporkan dalam waktu 30 hari kerja," imbuhnya.




Namun, Febri mengatakan KPK tetap menghargai keterangan Bowo Sidik mengenai sumber gratifikasi. Febri menyebut KPK akan mencemati fakta persidangan tersebut.

"KPK menghargai ketika terdakwa menyampaikan informasi bahwa uang yang ia terima berasal dari pihak-pihak lain. Tapi tentu KPK perlu cermati fakta-fakta sidangnya dan melihat dulu pertimbangan hakimnya seperti apa," ujarnya.

Febri mengatakan KPK bisa saja menghadirkan pihak-pihak yang disebut Bowo Sidik sebagai sumber gratifikasi salah satu eks Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Namun, hal itu harus dengan penetapan hakim.

"Dan juga pada proses persidangan, kalau ada penetapan hakim maka KPK akan melaksanakannya," katanya.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com