Terekam Kamera di Sumsel, Kucing Emas Misterius Kini Terancam Punah

Jabbar Ramdhani - detikNews
Rabu, 06 Nov 2019 18:10 WIB
Kucing emas yang ditemukan di Aceh beberapa bulan lalu. (Agus/detikcom)


Kucing emas merupakan jenis kucing yang beraktivitas cenderung pada malam hari dan bersifat soliter atau menyendiri. Kucing ini memiliki ukuran medium dengan panjang total 80 cm dengan berat 11 kg pada saat dewasa.

"Dari hasil rekaman camera trap tersebut merupakan berita yang sangat menggembirakan bagi dunia konservasi karena bertambahnya jumlah habitat kucing emas yang telah diketahui di Pulau Sumatera," kata dia.


Warna kucing emas Asia bervariasi, dari cokelat emas, cokelat, hitam, merah, dan abu-abu. Kucing emas Asia punya garis putih dengan pinggiran hitam yang terpampang vertikal dari ujung kepala, melewati mata, hingga leher. Kucing emas Asia punya badan yang berotot dan kaki yang panjang sehingga mereka adalah pemanjat pohon yang ulung.

Sebelumnya, kucing emas pernah ditemukan masuk ke rumah seorang warga di Desa Masjid, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat, Aceh. Satwa dilindungi ini sempat dikira anak harimau sehingga menghebohkan masyarakat setempat.

"Tadi malam sekitar pukul 20.00 WIB kucing emas ini sudah kita amankan di kantor resort KSDA Meulaboh," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (13/3).

Dalam keadaan sedikit takut, pemilik rumah sempat memberi makan kucing emas tersebut. Tak lama berselang, temuan ini dilaporkan ke pihak terkait. Personel BKSDA akhirnya turun tangan dan menangkap kucing emas yang berukuran tinggi 40 cm dan panjang 80 cm.


Halaman

(jbr/imk)