detikNews
2019/11/06 17:33:10 WIB

Sekjen Kemenag Ungkap Alasan Lukman Hakim Loloskan Haris Jadi Kakanwil Jatim

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Sekjen Kemenag Ungkap Alasan Lukman Hakim Loloskan Haris Jadi Kakanwil Jatim Sidang kasus dugaan suap Romahurmuziy. (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama M Nur Kholis Setiawan mengaku pernah diminta mantan Menag Lukman Hakim Saifuddin meloloskan Haris Hasanudin dalam seleksi jabatan Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur (Jatim). Padahal Haris pernah kena sanksi disiplin.

"Beliau (Menag Lukman) minta agar diloloskan masuk dalam tiga besar," kata Nur Kholis saat bersaksi dalam sidang kasus dugaan suap eks Anggota DPR Romahurmuziy (Rommy) di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta, Rabu (6/11/2019).


Nur Kholis awalnya mengaku tidak bertanya alasan Lukman Hakim meminta Haris diloloskan seleksi jabatan itu. Sebab, Lukman Hakim memiliki jabatan tertinggi di Kemenag.

"Saya tentu tidak mungkin bertanya apa alasannya karena relasi struktural," jelas Nur Kholis.

Namun dia mengatakan Lukman pernah menyebut dari empat kandidat yang ada, Lukman hanya mengenal Haris Hasanudin. Dia juga menyebut Lukman mengaku tahu performa Haris saat menjadi Plt Kakanwil Jatim.

"Yang saya ingat dan juga tertulis dalam BAP saya, beliau mengatakan dari empat orang kandidat itu, beliau yang kenal hanya Haris. Yang lain beliau katanya nggak tahu, jadi beliau hanya kenal Haris, kemudian juga tahu performanya, kinerjanya, lalu sudah menjadi Plt Kakanwil Jatim, itu saja yang saya dengar," ucap Nur Kholis.

"Jadi karena sudah tahu dan kenal ya?" tanya hakim.

"Betul," jawab Nur Kholis.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com