Hari Kedua di Madinah, Marbut dan Majelis Taklim DKI Datangi Masjid Quba

Hari Kedua di Madinah, Marbut dan Majelis Taklim DKI Datangi Masjid Quba

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 06 Nov 2019 13:37 WIB
Foto: Kanavino/detikcom
Foto: Kanavino/detikcom
Madinah - Jemaah umrah marbut dan majelis taklim DKI Jakarta mendatangi Masjid Quba pada hari kedua di Madinah. Jemaah menunaikan salat dan berdoa di masjid yang pertama didirikan Rasulullah SAW itu.

Jemaah berangkat dari hotel di dekat Masjid Nabawi, Rabu (6/11/2019) sekitar pukul 07.45 waktu setempat. Sebelum berangkat, jemaah berwudu terlebih dahulu.
Jemaah berfoto bersama di halaman masjid Quba.Jemaah berfoto bersama di halaman masjid Quba. Foto: Kanavino/detikcom

Bus juga sempat melewati Masjid Bilal bin Rabah. Pembimbing umrah lantas menjelaskan sejarah masjid dan perjuangan Sayyidina Bilal.


Sesampainya di Masjid Quba, jemaah berfoto bersama di halaman masjid. Lalu para marbut dan majelis taklim itu memasuki masjid.

Masjid tampak penuh oleh jemaah dari berbagai belahan dunia.Masjid tampak penuh oleh jemaah dari berbagai belahan dunia. Foto: Kanavino/detikcom

Mereka menunaikan salat tahiyatul masjid dan salat dhuha. Masjid tampak penuh oleh jemaah dari berbagai belahan dunia.

Pembimbing umrah, Ali Wardah, menjelaskan Masjid Quba merupakan masjid yang pertama kali dibangun Rasulullah SAW. Berdasarkan hadis, Ali menuturkan menjaga wudu sebelum berangkat dan salat di Masjid Quba sama dengan satu kali umrah.


"Jadi fadhilahnya barang siapa yang membersihkan diri dari rumah ataupun hotel kalau kita. Kemudian datang ke Masjid Quba dan melakukan salat di dalamnya. Salat ini umum, baik salat dhuha, salat tahajud, salat witir atau salat yang lain. Kalau sekarang waktunya dhuha, salat tahiyatul masjid dilanjut salat dhuha," ujar dia.

"Maka akan mendapatkan seperti melaksanakan umrah. Belum kita melakukan ihram, belum kita sunah, belum tawaf, belum sa'i, belum tahallul, karena kita melakukan salat di Masjid Quba, kita akan mendapatkan pahala umrah," sambung Ali.

Setelah salat, jemaah kembali masuk ke bus. Rombongan pergi menuju Kebun Kurma. Ada beragam oleh-oleh khas Arab Saudi di tempat tersebut. (knv/aan)