detikNews
Rabu 06 November 2019, 12:48 WIB

Susun Soal Tes CPNS 2019, Kemendikbud Libatkan 22 Perguruan Tinggi

Farih Maulana Sidik - detikNews
Susun Soal Tes CPNS 2019, Kemendikbud Libatkan 22 Perguruan Tinggi Sekjen Kemendikbud Didik Suhardi saat diundang oleh Ombudsman RI (Foto: Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bertugas sebagai pembuat soal dalam seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Dalam penyusunan itu, Kemendikbud akan melibatkan 22 perguruan tinggi.

"Kami dari Kemendikbud akan segera mengundang beberapa perguruan tinggi untuk menyepakati rumpun keilmuan supaya membantu panitia, review, verifikator di kementerian masing-masing yang melaksanakan seleksi. Kita libatkan 22 perguruan tinggi, tentu dipertimbangkan juga kewilayahan," ujar Sekjen Kemendikbud Didik Suhardi, di kantor Ombudsman RI, Jl Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (5/11/2019).



Didik mengatakan soal-soal itu akan menjadi tiga bagian yakni soal tes wawasan kebangsaan, soal tes karakteristik pribadi, dan soal tes intelejensi umum. Menurutnya, setelah soal itu selesai, Kemendikbud akan menyerahkan kepada KemePAN-RB sebagai ketua pelaksana seleksi CPNS 2019.

"Berdasarkan itu soal yang sudah jadi kami serahkan ke KemenPAN. Jadi KemenPAN bersama BKN yang akan menyimpan kemudian menggunakan pada saat CPNS," katanya.



Diketahui, Ombudsman RI hari ini mengundang perwakilan kementerian yang terkait dengan pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Sejumlah pihak yang diundang perwakilan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).
(fas/mae)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com