detikNews
2019/11/06 12:18:46 WIB

Jokowi Menang Lawan Pembakar Hutan PT Waringin Rp 466 Miliar!

Andi Saputra - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jokowi Menang Lawan Pembakar Hutan PT Waringin Rp 466 Miliar! Jokowi meninjau kebakaran hutan (Biro Pers Istana)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) menang melawan pembakar hutan PT Waringin Agro Jaya (WAJ) dengan nilai kemenangan Rp 466 miliar. Hal itu seiring ditolaknya Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan PT WAJ.

Kasus bermula saat terjadi kebakaran hutan di Sumatera. Kemudian tim KLHK melakukan verifikasi kebakaran hutan dan/atau lahan di Kabupaten Ogan Komering Ilir dan kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) yang terjadi Juli hingga Oktober 2015.

Hasil verifikasi dari tim tersebut menyatakan telah terjadi kebakaran di areal lahan perkebunan kelapa sawit milik PT WAJ. Lahan yang terbakar seluas 1.626 hektare.

Ternyata, tidak hanya terjadi pada lahan yang ditanami kelapa sawit namun juga pada lahan semak belukar dengan vegetasi dominam pohon gelam. Tim verifikasi juga menyatakan bahwa areal perkebunan kelapa sawit tergugat adalah lahan gambut.
Jokowi Menang Lawan Pembakar Hutan PT Waringin Rp 466 Miliar!Foto: (dok NASA)

Pakar kehutanan IPB Bambang Hero Saharjo menyatakan kebakaran lahan tidak menimbulkan kerugian sama sekali bagi PT WAJ, bahkan menimbulkan keuntungan bagi PT WAJ. Hal tersebut terjadi karena PT WAJ dinilai tidak perlu lagi membeli kapur yang digunakan untuk meningkatkan Ph gambut dan tidak perlu membeli pupuk dan pemupukan karena sudah digantikan dengan adanya abu dan arang bekas kebakaran.

Perusahaan dinilai mengambil keuntungan karena tidak mengeluarkan biaya yang harusnya digunakan apabila melakukan pembukaan lahan tanpa bakar.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com