detikNews
2019/11/06 07:46:45 WIB

Menakar Pengaruh Amien Rais Dalam Penentuan Koalisi PAN di Pilpres 2024

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Menakar Pengaruh Amien Rais Dalam Penentuan Koalisi PAN di Pilpres 2024 Amien Rais (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyebut akan membahas soal Pilpres 2024 dalam pertemuan dengan PDIP dan NasDem. Pengamat politik Rico Marbun menilai pengaruh Dewan Kehormatan PAN Amien Rais tak akan hilang dalam penentuan arah koalisi PAN di Pilpres 2024 mendatang.

"Tidak mungkin pengaruh Amien Rais itu akan hilang. Ketika Prabowo masuk ke dalam kabinet Jokowi saja, restu Amien Rais jelas disebut dan ditunggu," kata Rico kepada wartawan, Rabu (6/11/2019).


Pengaruh kuat dari Amien Rais disebut Rico juga terlihat dalam penentuan koalisi PAN pada Pilpres 2019 lalu. Jika melihat kedekatan antara Amien dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan kedekatan Prabowo dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, menurut Rico, Amien akan lebih merestui bergabungnya PAN dengan PDIP daripada dengan NasDem.

Rico MarbunRico Marbun Foto: Ari Saputra

"Ya jelas perlu (restu Amien Rais). Contohnya pada pilpres lalu, walaupun Ketum Zulhas sangat ramah dan dekat dengan Jokowi, tapi Amien Rais pengaruhnya sangat kuat sehingga dukungan ke Prabowo relatif bulat. Kalau melihat restu dan kedekatan Prabowo dengan Mega, rasanya Amien akan lebih memilih mendekat ke PDIP ketimbang ke NasDem," ujar Rico.


Namun demikian, Rico menilai PAN akan terbuka untuk berkoalisi dengan semua partai politik. Direktur Eksekutif Median itu mengatakan saat ini sudah tak ada lagi dikotomi koalisi dan oposisi.

"Kenyataannya kalau melihat cara partai bersepakat dalam UU KPK, semua partai saat ini saling terbuka untuk kerjasama. Tidak ada lagi dikotomi oposisi vs koalisi," ungkap Rico.



Ada Syarat di Balik Restu Amien Rais untuk Prabowo:



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com