detikNews
Selasa 05 November 2019, 19:28 WIB

Anies Yakin JPO Tanpa Atap di Sudirman Bakal Jadi Spot Selfie

Tim detikcom - detikNews
Anies Yakin JPO Tanpa Atap di Sudirman Bakal Jadi Spot Selfie Anies saat bersepeda di CFD. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Pencopotan atap di jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman merupakan arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dia yakin nantinya JPO tanpa atap jadi spot selfie baru di Jakarta.

Hal itu disampaikan Anies dalam rapat Rapim Penataan PKL di Trotoar Thamrin-Sudirman dan Pusat Kuliner Thamrin pada 10 pada 23 Oktober 2019. Video rapat itu diunggah di akun YouTube Pemprov DKI.

Dalam rapat itu, Anies memerintahkan Dinas Bina Marga mencopot atap di JPO Sudirman yang menghubungkan antartrotoar. JPO itu tidak menghubungkan pejalan kaki ke halte TransJakarta.

"Apa yang terjadi kalau nanti dibuka? Itu tempat selfie paling sering karena pemandangan gedung di malam hari bagus sekali, sore, siang. Atapnya copot, itu langsung jadi space terbuka," kata Anies saat rapat.


Menurut Anies, eksekusi arahan ini tidak repot. Dia meminta atap JPO tersebut langsung dicopot saja.

"Ini tidak perlu pakai kerumitan, tinggal nyopot atap saja. Nanti sudah copot atapnya, Bapak akan menyaksikan parade pemanfaatan kawasan itu untuk foto-foto," ujarnya.

JPO tanpa atap di Sudirman / JPO tanpa atap di Sudirman. (Rengga Sancaya/detikcom)


Anies lalu menunjukkan foto kawasan Bundaran HI di layar. Dengan JPO tanpa atap, kawasan itu bisa dilihat dari JPO.

"Apa yang terjadi kalau JPO-JPO itu hilang? Maka semua pemandangan di situ jadi background. Tapi JPO kita itu atapnya ada supaya tidak kena hujan dan panas. Itu benar bila dari indoor ke indoor. Tapi kalau dari ruang terbuka ke ruang terbuka, sebenarnya tidak perlu ada penutup. Toh juga dari outdoor ke outdoor," ungkap Anies.


Anies Yakin JPO Tanpa Atap di Sudirman Bakal Jadi Spot SelfieJPO tanpa atap di Sudirman. (Matius Alfons/detikcom)


Kini, atap di JPO Sudirman itu sudah dicopot, tepatnya di JPO antara Wisma Bumiputera dan Menara Astra. Kepala Dinas Bina Marga, Hari Nugroho, mengatakan memang tidak semua JPO atapnya dicopot.

"Arahan beda-beda dari pertama JPO bagus kan di Senayan, GBK, Polda. Kemudian (itu) masih ada penutupnya kan.... Supaya ada pengalaman baru lagi, atap dibuka, supaya menimbulkan kesan terbuka. Jadi bisa lihat Jakarta seutuhnya," ucap Hari saat dihubungi pada Selasa (5/11/2019).
(imk/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com