detikNews
Selasa 05 November 2019, 18:07 WIB

Jelang HUT OPM, Mahfud Antisipasi Munculnya Opini Miring soal Papua

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jelang HUT OPM, Mahfud Antisipasi Munculnya Opini Miring soal Papua Foto: Menko Polhukam Mahfud Md (Antara Foto)
Jakarta - Organisasi Papua Merdeka (OPM) akan merayakan hari ulang tahunnya (HUT) 1 Desember 2019. Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan pemerintah bakal mengantisipasi dari sisi keamanan hingga munculnya opini yang tidak-tidak tentang Papua.

"Ya itu juga jadi perhatian kita agar Papua itu hati-hati segi politisnya, segi keamanan sudah standar, segi politis itu kadang-kadang bangun opini yang tidak-tidak, yang tidak diduga tiba-tiba muncul opini yang sebenarnya tidak ada," kata Menko Polhukam, Mahfud Md, di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (5/11/2019).



Mahfud mengatakan pemerintah akan tetap mengantisipasi isu politik dan opini yang mengada-ada di Papua. Selain itu, Mahfud mengatakan pemerintah tidak segan-segan memberikan tindakan bagi para perusuh.

"Semua kita antisipasi, semua sudah ada SOP (standar operasional prosedur) nya , dan yang setiap pelanggaran SOP akan ditindak meskipun dilakukan oleh internal aparat," ujar Mahfud.



Ketika ditanyakan apakah ada pengamanan khusus jelang HUT OPM di Papua, Mahfud enggan menjelaskan. Mahfud menutup rapat informasi tersebut.

"Tentu rahasia," pungkas Mahfud.


Simak juga video "Bertemu Mendagri Tito, Mahfud Bahas Kondisi Papua" :

[Gambas:Video 20detik]


(rfs/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com