detikNews
2019/11/05 12:00:30 WIB

Bicara Tantangan Pendidikan, Kemendikbud Singgung Masalah Cacingan-Stunting

Farih Maulana Sidik - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bicara Tantangan Pendidikan, Kemendikbud Singgung Masalah Cacingan-Stunting Acara Seminar Kemendikbud (Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bicara soal pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bagi perkembangan anak. Menurut Kemendikbud, masalah kesehatan seperti cacingan hingga stunting menjadi tantangan tersendiri bagi perkembangan anak.

Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud Harris Iskandar awalnya berbicara tentang pentingnya PAUD dan pendidikan keluarga. Menurutnya, banyak penelitian yang menunjukkan rangsangan pendidikan awal pada anak berdampak positif bagi anak.

"PAUD dan Pendidikan Keluarga memainkan peran penting dalam mendukung perkembangan anak. Banyaknya bukti hasil penelitian di bidang psikologi, neuroscience, dan pendidikan yang menyimpulkan bahwa rangsangan pendidikan awal pada anak sejak dalam kandungan hingga akhir masa usia dini, akan berdampak positif pada seluruh aspek perkembangan anak, bukan kecerdasan saja, tetapi seluruh kecakapan hidup," kata Harris dalam acara seminar internasional di Millennium Hotel Sirih Jakarta, Jalan Fachrudin, Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (5/11/2019).


Hal itu disampaikan Harris saat menyampaikan sambutan mewakili Mendikbud Nadiem Makarim. Harris kemudian menceritakan tantangan yang dihadapi dalam memaksimalkan potensi tumbuh-kembang anak.

"Peran keluarga dan satuan pendidikan penyelenggara PAUD menjadi sangat penting. Apalagi tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia terkait dengan potensi tumbuh-kembang anak masih cukup berat. Data Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) masih sekitar 7%, imunisasi tidak lengkap 41%, tidak memperoleh ASI eksklusif lengkap 48%, cacingan 28%, dan stunting 30,8%," ucapnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com