detikNews
2019/11/04 07:26:50 WIB

Round-up

Ramai 'Bilateral' Gegara Fahri Sorot Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Ramai Bilateral Gegara Fahri Sorot Jokowi Presiden Jokowi saat bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino. (Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)
Jakarta - Fahri Hamzah kembali mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kali ini, Jokowi kena kritik karena memakai istilah 'bilateral' saat bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino.

Pertemuan Jokowi dengan Gianni digelar di sela-sela KTT ASEAN yang digelar di Bangkok, Thailand. Jokowi membahas penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021.
"Pertemuan bilateral dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Bangkok. Terima kasih atas penunjukan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. Sebagai tuan rumah, Indonesia menyambut baik jika Tim Pendahulu FIFA datang untuk berkoordinasi dengan PSSI," kata Jokowi dalam akun Twitternya, Sabtu (2/11/2019).
Cuitan Jokowi yang memakai istilah 'bilateral' kemudian disoroti warganet, termasuk Fahri. Mereka berpadangan konteks bilateral adalah pertemuan antara 2 negara. Sementara, FIFA adalah federasi sepak bola dan bukan merupakan negara.

"Setahu saya istilah bilateral itu hanya untuk negara. FIFA bukan negara kan? Wallahualam," kata Fahri lewat Twitter, Sabtu (2/11).
Jika merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pengertian bilateral (bi.la.te.ral /bilatêral) adalah 'dari dua belah pihak; antara dua pihak'. Namun tidak disebutkan secara spesifik apakah konteks bilateral sebatas pertemuan antar 2 negara atau bisa meluas maknanya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com