detikNews
Minggu 03 November 2019, 11:17 WIB

Fahri Kritik Jokowi Pakai Istilah Bilateral saat Bertemu Presiden FIFA

Tim detikcom - detikNews
Fahri Kritik Jokowi Pakai Istilah Bilateral saat Bertemu Presiden FIFA Fahri Hamzah (kanan) saat bertemu Presiden Jokowi. (Foto: Rusman-Biro Pers Setpres)
Jakarta - Penggunaan istilah 'bilateral' yang dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino dikritik Fahri Hamzah. Eks pimpinan DPR ini menyebut bilateral dipakai untuk konteks pertemuan 2 negara.

"Setahu saya istilah bilateral itu hanya untuk negara. FIFA bukan negara kan? Wallahualam," kata Fahri lewat Twitter, Minggu (3/11/2019).


Selain Fahri, warganet turut mengkritik istilah bilateral yang digunakan Jokowi. Mereka menyoroti postingan Jokowi lewat kolom komentar.


Pertemuan Jokowi dengan Gianni digelar di sela-sela KTT ASEAN yang digelar di Bangkok, Thailand. Jokowi membahas penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021.


"Pertemuan bilateral dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Bangkok. Terima kasih atas penunjukan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. Sebagai tuan rumah, Indonesia menyambut baik jika Tim Pendahulu FIFA datang untuk berkoordinasi dengan PSSI," kata Jokowi dalam akun Twitternya.

Jika merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pengertian bilateral (bi.la.te.ral /bilatêral) adalah 'dari dua belah pihak; antara dua pihak'. Namun tidak disebutkan secara spesifik apakah konteks bilateral sebatas pertemuan antar 2 negara atau bisa meluas maknanya.


Tonton juga 'Mau Tahu, Besar Tunjangan Pensiun Fahri Hamzah Cs dari DPR?':

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/tor)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com