BNPB: Alat Peringatan Dini Tsunami di Lampung Jadi Korban Vandalisme

BNPB: Alat Peringatan Dini Tsunami di Lampung Jadi Korban Vandalisme

Audrey Santoso - detikNews
Minggu, 03 Nov 2019 02:49 WIB
Foto: Penampakan alat peringatan dini tsunami yang dirusak (Dok Istimewa)
Foto: Penampakan alat peringatan dini tsunami yang dirusak (Dok Istimewa)
Jakarta - Inexpensive Device for Sea Level Measurement (IDSL) atau alat peringatan dini tsunami di Pulau Sebesi, Lampung menjadi korban aksi vandalisme. Kabel aki yang terpasang pada alat tersebut dipotong oleh orang tak bertanggung jawab.

"BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mengimbau semua pihak, khususnya masyarakat, untuk turut menjaga alat peringatan dini tsunami. Hal tersebut mengingat beberapa waktu lalu vandalisme terjadi terhadap alat IDSL yang terpasang di sekitar Pulau Sebesi, Lampung," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo, dalam siaran persnya, Sabtu (2/11/2019).


Aksi vandalisme itu, kata Agus, diketahui pada Oktober lalu. Beruntung, alat itu masih berfungsi meski dalam kondisi dirusak.

"Perusakan dilakukan pada kabel aki pada Oktober lalu. Meskipun saat itu kabel terpotong, alat masih dapat berfungsi karena menggunakan solar panel. Dapat dibayangkan apabila ada oknum yang sengaja merusak atau mengambil komponen alat ini sehingga tidak mampu lagi hidup dan memberikan sinyal peringatan dini," ujar Agus.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4