detikNews
2019/11/02 18:58:11 WIB

Catat! Parkir Liar di Trotoar Bisa Kena Denda Maksimal Rp 250 Ribu

Matius Alfons - detikNews
Halaman 1 dari 2
Catat! Parkir Liar di Trotoar Bisa Kena Denda Maksimal Rp 250 Ribu Trotoar di Jalan Fatmawati, Jakarta (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Polisi bakal menertibkan kendaraan-kendaraan yang diparkir di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan. Pengendara yang memarkir kendaraannya di atas trotoar bisa dikenai denda maksimal Rp 250 ribu.

"Bisa, tilang itu ada dalam Pasal 275 ayat 1 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ)," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar saat dihubungi, Sabtu (2/11/2019).

Adapun, Pasal 275 ayat (1) berbunyi:

Setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi rambu lalu lintas, marka jalan, alat pemberi isyarat lalu lintas, fasilitas pejalan kaki dan alat pengaman pengguna jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

Fahri menjelaskan yang dimaksud dengan gangguan fasilitas pejalan kaki dalam pasal tersebut salah satunya adalah parkir liar di trotoar.

"Intinya bahwa bagi setiap orang yang akibatkan gangguan pada fasilitas pejalan kaki, salah satunya trotoar, dapat diancam pidana kurungan 1 bulan atau denda Rp 250 ribu," ucap Fahri.







Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com