Ganggu Pejalan Kaki, Parkir Liar di Fatmawati Bakal Ditertibkan

Ganggu Pejalan Kaki, Parkir Liar di Fatmawati Bakal Ditertibkan

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 02 Nov 2019 18:43 WIB
Trotoar di Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan (Matius Alfons/detikcom)
Trotoar di Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Trotoar di sepanjang Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, dijadikan tempat parkir kendaraan hingga pedagang kaki lima (PKL). Hal ini menjadi prioritas polisi untuk dilakukan penertiban.

"Jadi untuk itu melanggar terkait masalah itu, kami akan jadi prioritas tertibkan. Beberapa kali sudah kami imbau dan tertibkan. Jadi untuk masalah trotoar ini ya nanti kami akan melakukan upaya-upaya, tindakan-langkah persuasif dengan imbau dan sampai lakukan tindakan," jelas Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar saat dihubungi detikcom, Sabtu (2/11/2019).

Fahri menegaskan trotoar adalah tempat untuk pejalan kaki, bukan tempat parkir kendaraan. Selain mengganggu ketertiban umum, parkir liar melanggar Undang-Undang Lalu Lintas.

"Untuk parkir itu sudah jelas bahwa di trotoar itu bukan untuk tempat parkir. Trotoar untuk pejalan kaki, fasilitas pejalan kaki itu salah satunya fungsi trotoar. Jadi untuk itu melanggar terkait masalah itu kita akan jadi prioritas tertibkan," kata Fahri.

Fahri mengaku pihaknya sering melakukan sosialisasi terkait fungsi trotoar ini. Dia menegaskan kali ini akan melakukan penindakan terhadap kendaraan yang masih parkir liar di trotoar.

"Pelanggarannya ya jelas kena UU LLAJ, karena biasa sudah ada rambu tertera di situ, misal dilarang parkir. Kalau sudah kasatmata gitu, biasanya kami tindak, bisa langsung kami tindak," ucapnya.





Selanjutnya
Halaman
1 2