detikNews
2019/11/02 07:31:42 WIB

Pakar Bicara Sistem Anggaran Smart Dambaan Anies Baswedan

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Halaman 3 dari 3
Pakar Bicara Sistem Anggaran Smart Dambaan Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Muhammad Ridho)

Soal kekhawatiran masih ada celah yang bisa dimanfaatkan untuk menyelewengkan anggaran meski sistem yang dipakai sudah sangat canggih, Pitoyo menyebut hal tersebut tergantung dari manusia yang memakainya. Dia menyebut perlu ada prosedur operasi standar, bahwa apapun rekomendasi dari sistem pintar itu soal anggaran serta keputusan akhir dari pengguna anggaran harus selalu dipublikasikan.

"Secanggih apapun sistemnya kuncinya tetap transparansi. Kalau pengambil keputusan memutuskan sesuatu yang berbeda dengan rekomendasi sistem, dia harus menerangkan alasannya. Dengan cara pemakaian semacam ini saya rasa sulit untuk menemukan celah koruptif," kata Pitoyo.


Pitoyo juga mengingatkan, jika pengguna anggaran atau pengambil keputusan turut terlibat dalam urusan mendesain sistem pintar untuk anggaran tersebut. "Mungkin saja mereka melatih sistem cerdas untuk melakukan tindakan koruptif yang sangat 'inovatif' sehingga sukar terdeteksi," kata Pitoyo.

"Memakai sistem cerdas semacam itu kembali lagi ke manusia yang menggunakannya. Pengguna sistem yang smart bukan saja perlu literasi teknis yang tinggi tapi juga moral, serta ethics yang benar," imbuhnya.
(pal/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com