Pengadaan Mobil Dinas Pimpinan-Sekwan DPR Aceh Rp 7,3 M Tuai Kritikan

Pengadaan Mobil Dinas Pimpinan-Sekwan DPR Aceh Rp 7,3 M Tuai Kritikan

Agus Setyadi - detikNews
Jumat, 01 Nov 2019 16:11 WIB
Ilustrasi mobil dinas (Foto: Lamhot Aritonang)
Ilustrasi mobil dinas (Foto: Lamhot Aritonang)
Banda Aceh - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) menyoroti pengadaan mobil dinas (mobdin) untuk pimpinan DPR Aceh. Total anggaran untuk membeli mobil ketua, wakil ketua serta sekretariat DPR mencapai Rp 7,3 miliar.

Dilihat detikcom disitus Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), serta Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemprov Aceh, muncul tiga paket pengadaan terkait mobil dinas DPR Aceh.



Tender pengadaan mobil dinas yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2019 ini dibuat pada Oktober lalu. Ada tiga paket pengadaan yaitu mobil untuk Ketua DPR Aceh dengan pagu anggaran Rp 1.942.080.000, Wakil Ketua DPR Aceh untuk tiga mobil dengan anggaran 4,6 miliar (per unit sebesar Rp 1,53 miliar).



Selain itu, juga pengadaan satu unit mobil Sekwan dengan anggaran sebesar Rp 750 juta. LSM MaTA menilai, pengadaan mobil baru untuk pimpinan DPR Aceh periode 2019-2024 untuk mempertontonkan kemewahan.

"Total anggaran untuk pengadaan mobil dinas ini Rp 73 miliar. Pengadaan tersebut tidak mencerminkan rasa keadilan masyarakat Aceh, dan ini mempertontonkan kemewahan dalam menggunakan fasilitas," kata Koordinator MaTA Alfian kepada detikcom, Jumat (1/11/2019).

Selanjutnya
Halaman
1 2