Jangan Dibuang, Kumpulkan 50 Botol Plastik Bisa Dapat Pulsa

Jangan Dibuang, Kumpulkan 50 Botol Plastik Bisa Dapat Pulsa

Angga Laraspati - detikNews
Kamis, 31 Okt 2019 16:48 WIB
Foto: Angga Laraspati/detikcom
Foto: Angga Laraspati/detikcom
Jakarta - Sampah plastik masih menjadi pekerjaan rumah bersama yang harus ditangani. Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2019, saat ini jumlah sampah di Indonesia mencapai 65,8 ton per tahun, di mana 7,2 ton sampah berjenis plastik.

Sampah plastik ini dihasilkan per tahun berupa kantong plastik, kemasan, dan botol. Sementara di sisi lain, sampah plastik memiliki peranan penting dalam hal ekonomi berkelanjutan yaitu dalam menciptakan ekonomi sirkular.

Berkaitan dengan masalah sampah plastik ini, Ades berkolaborasi dengan Gojek dan didukung Waste4Change menginisiasi sebuah program untuk mengajak masyarakat memilah dan mengumpulkan sampah botol plastik untuk menjaga lingkungan sekitar.

"Melalui kolaborasi ini kami berharap dapat membantu mengatasi permasalahan pengelolaan sampah dengan mengedukasi masyarakat. Nantinya dari hasil pengumpulan sampah ini, konsumen Ades dan para pengguna aplikasi Gojek akan mendapatkan keuntungan," ujar Marketing Manager Hydration Coca Cola Indonesia, Mohammad Rezki Yunus di Seribu Rasa, Jakarta Selatan (31/10/2019).


Cara mendukung kebersihan lingkungan pun tergolong unik. Selain itu masyarakat juga bisa mendapatkan hadiahnya. Hanya dengan mengirimkan botol plastik lewat aplikasi Gojek kamu sudah bisa mendapatkan berbagai keuntungan.

Buka aplikasi Gojek lalu klik banner Ades di dalam aplikasi tersebut, atau visit Instagram dan Facebook Ades, atau buka website waste4change. Kemudian ikuti langkah berikut:

-Registrasikan diri dengan memasukakn nomor telepon dam alamat

-Siapkan 50 botol bekas plastik apa saja, dengan ukuran yang tidak ditentukan

-Bungkus dengan rapih di wadah yang tertutup

-Nanti akan tersedia page untuk memesan GoSend

Setelah itu mitra driver Gojek akan menjemput paket botol plastik yang telah kamu siapkan.


Setiap 50 botol plastik yang dikumpulkan akan diverifikasi terlebih dahulu oleh bank sampah. Setelah itu masyarakat yang mengumpulkan botol plastik bisa mendapatkan 2.000 poin atau setara dengan Rp 20.000. Poin tersebut bisa ditukarkan dengan token PLN, pulsa, dan juga saldo GoPay.

Program ini akan berjalan selama 3 bulan ke depan. Untuk tahap pertama akan dilaksanakan di 6 kota di Indonesia seperti Jakarta, Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar.


Simak juga video "Botol - Botol Plastik Di Bibir Laut Takalar Bukan Sampah Desa Ujung Baji" :

[Gambas:Video 20detik]

(prf/ega)