MA Bebaskan Terdakwa Korupsi PNS DPU Kota Kediri

MA Bebaskan Terdakwa Korupsi PNS DPU Kota Kediri

Andi Saputra - detikNews
Kamis, 31 Okt 2019 11:31 WIB
Gedung Mahkamah Agung (MA) (ari/detikcom)
Gedung Mahkamah Agung (MA) (ari/detikcom)
Jakarta - Mahkamah Agung (MA) menghukum bebas terdakwa korupsi PNS Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Kediri, Timbul Joko Utomo. Timbul dinilai tidak terbukti melakukan korupsi proyek lapangan olahraga Kelurahan Balowerti, Kediri.

Kasus bermula saat Pemkot Kediri menganggarkan perbaikan lapangan olahraga di Balowerti senilai Rp 650 juta. Timbul ditunjuk sebagai pengawas internal dari DPU.

Versi jaksa, proyek itu dipenuhi patgulipat sehingga Timbul duduk di kursi pesakitan. Pada 30 April 2015, PN Surabaya menjatuhkan vonis bebas kepada Timbul. Duduk sebagai ketua majelis Antonius Simbolon dengan anggota Saipudin Zuhri dan Samhadi. Menurut majelis, kerugian negara dalam proyek itu tidak dikarenakan kelalaian Timbul sebagai internal pengawas.

Atas hal itu, jaksa mengajukan kasasi. Apa kata MA?

"Menolak permohonan kasasi jaksa," demikian lansir website MA, Kamis (31/10/2019).

Duduk sebagai ketua majelis Prof Dr Surya Jaya dengan anggota M Askin dan LL Hutagalung. Namun Surya Jaya berpendapat Timbul seharusnya bersalah dan dikenai hukuman penjara. Sebab, Timbul tidak melaksanakan tugas dan kewajibannya sehingga mengakibatkan kerugian negara. Timbul menerima begitu saja hasil laporan dari konsultan pengawas CV Servita, tidak melakukan pengecekan pada setiap tahap di lapangan yang sebenarnya menjadi tugas pokok dan kewajiban Terdakwa.

"Terdakwa melakukan kesalahan tersebut disebabkan karena terdakwa tidak mempunyai pekerjaan sehari-hari dan terlalu sibuk sehingga tidak mempunyai waktu tugas pengawasan internal yang diembannya," ujar Surya Jaya.

Namun Surya Jaya kalah suara dengan anggota majelis sehingga Timbul bebas.




Tonton juga video Cerita Detik-detik Balon Gas Meledak di Kediri Hingga Lukai Orang:

[Gambas:Video 20detik]



(asp/rvk)