detikNews
Rabu 30 Oktober 2019, 19:11 WIB

Prabowo Diklaim Tak Ditolak AS, Moeldoko: Kalau Kongres Setuju Apa Salahnya?

Andhika Prasetia - detikNews
Prabowo Diklaim Tak Ditolak AS, Moeldoko: Kalau Kongres Setuju Apa Salahnya? Moeldoko (Jeka Kampai/detikcom)
Jakarta -

Partai Gerindra memastikan sang ketum yang kini menjabat Menhan, Prabowo Subianto, sudah tak ditolak masuk wilayah Amerika Serikat. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko merespons positif.

"Kalau kongresnya sudah menyetujui apa salahnya? itu urusan dalam negeri sana, jadi tidak ada lagi larangan, nah ini lebih bagus memberikan kemudahan dalam rangka membangun kerja sama antara Amerika dan Indonesia jadi terbuka itu," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019).

Sejak menjadi Menhan, Prabowo disebut dipastikan tak lagi dilarang masuk AS. Gerindra menyebut perwakilan AS sudah bertemu dengan Prabowo.

Prabowo pernah dilarang masuk ke Amerika Serikat pada 2000. Peristiwa itu terjadi saat Prabowo hendak menghadiri upacara kelulusan putranya di salah satu universitas di Boston, AS. Tak jelas alasan AS melarang Prabowo masuk ke negaranya.

Menurut artikel yang ditulis New York Times pada Maret 2014, AS sempat khawatir dengan stabilitas Indonesia pasca-jatuhnya Soeharto. AS menjauhkan diri dari tokoh-tokoh yang dekat dengan Soeharto, termasuk Prabowo. Seperti diketahui, Prabowo merupakan mantan menantu Soeharto yang memiliki peran di era Orde Baru.



Simak juga video "Kemlu Belum Tahu Prabowo Diundang ke AS" :

[Gambas:Video 20detik]




(dkp/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com