detikNews
2019/10/30 19:09:34 WIB

Moeldoko: Jokowi Bilang 'Polisi Sekali-kali Tak Perlu Jaga Demo'

Andhika Prasetia - detikNews
Halaman 1 dari 1
Moeldoko: Jokowi Bilang Polisi Sekali-kali Tak Perlu Jaga Demo Presiden Jokowi (Andhika/detikcom)
Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperhatikan demonstrasi yang digelar mahasiswa. Moeldoko mengungkap pembicaraan dengan Jokowi soal pengerahan aparat saat demo.

"Tadi presiden mengatakan coba sekali-kali perlu polisi tidak perlu jaga itu demo. Ini maknanya apa? Presiden sangat peduli soal itu," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019).


Moeldoko mengatakan perlu ada pendekatan baru menangani massa yang berdemonstrasi. Ada wacana aparat tidak berada dekat dengan massa saat menyampaikan pendapat di muka umum.

"Ya mungkin tidak harus (ada kawat berduri), karena gitu ada aparat keamanan, biasanya dibuat-buat demo itu. Menjauh saja aparatnya, kita perlu coba itu. Begitu anarkis baru kita datang," ujar Moeldoko.


Moeldoko mengaku pendekatan seperti itu pernah diusulkannya saat aksi 22 Mei di depan Bawaslu. Kali ini, wacana tersebut datang dari Jokowi saat rapat internal dan belum disampaikan ke Plt Kapolri Komjen Ari Dono Sukmanto.

"Belum, baru tadi dalam rapat internal tadi presiden mengatakan itu. Perlu kita coba kepolisian tidak rapat seperti itu. Nanti kita diskusikan, perlu brainstorming dengan komandan-komandan lapangan," kata Moeldoko.
(dkp/idh)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com