Jokowi Bentuk Baparekraf, Wishnutama: Jangan Dilihat Sepotong-sepotong

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 17:19 WIB
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Badan itu memiliki nama yang sama dengan kementeriannya. Apa kata Menparekraf Wishnutama?

"Tetap ada kan masing-masing. Tidak ada yang berubah. Bahkan saya pikir dengan koordinasi ini justru apa yang dilakukan Bekraf akan bisa terekspos di masing-masing daerah, kota kecil," ujar Wishnutama di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019).

Pria yang akrab disapa Tama ini mengatakan keberadaan ekonomi kreatif juga diperlukan di daerah pedesaan. Tama tidak ingin pembentukan Baparekraf dilihat sepotong-sepotong.

"Ekonomi kreatif itu kita harapkan bukan hanya di kota besar, yang merasakan di kota kecil, desa bisa merasakan ekonomi kreatif tersebut. Jadi jangan dilihat sepotong-sepotong," ujar Tama yang lewat Perpres ditunjuk sebagai Kepala Baparekraf.

Pembentukan Baparekraf itu tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2019 tentang Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dalam Pasal 1 disebutkan Baparekraf adalah lembaga nonpemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Baparekraf itu dipimpin seorang kepala.

"Kepala dijabat oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," demikian bunyi Pasal 6 yang dikutip detikcom, Rabu (30/10).


Simak juga video "Tanggapan Reza Rahadian soal Bekraf Gabung di Kemenparekraf" :

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/asp)