80 Lampu Pedestrian di Bekasi Rusak, Pemkot: Ulah Tangan Jail

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 16:46 WIB
Lampu pedestrian rusak. (Foto: Isal/detikcom
Lampu pedestrian rusak. (Foto: Isal/detikcom
Bekasi -

Sejumlah lampu pedestrian di Jalan Kemakmuran, Kota Bekasi, Jawa Barat, rusak. Lampu-lampu yang rusak akan diganti dengan selang 'bersinar'.

"Nanti kita pakai selang aja, selang bersinar itu. Iya nanti kita ikat pakai kawat gitu di atas setiap tiang-tiang nanti kita ikat," ujar Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum dan Taman Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi, Priadi Santoso, saat dikonfirmasi, Rabu (30/10/2019).

Dia menduga lampu-lampu pedestrian di belakang kantor Pemkot Bekasi ini rusak akibat tangan jail warga. Priadi memperkirakan, sebanyak 80 lampu yang rusak dengan kondisi bola lampu pecah hingga lampu yang hilang.

"Hampir sama dengan kejadian-kejadian di taman yang lain kan. (Ulah) tangan-tangan jahil ya seperti itu. (Lampu rusak) ada kurang lebih 50 sampai 80 lah di situ," ujar Priadi.

Setelah mendapatkan laporan, pihak Pemkot Bekasi langsung mencopot dan membersihkan lampu-lampu pedestrian yang rusak.

"Saya ada kekhawatiran nih nanti malah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Pertama sumbernya kita padamkan, lalu itu kita bersihkan aja itu kan udah pada kurang bagus dipandang, kotak-kotak itu. Emang sengaja kita bersihkan," ujar Priadi.

Lampu pedestrian rusak.Lampu pedestrian rusak. (Foto: Isal/detikcom)



Lebih lanjut, dia menerangkan, ide menggunakan selang lampu terinspirasi dari Kota Surabaya. Namun, Priadi tak bisa memastikan kapan lampu taman yang baru akan dipasang.

"Saya belum bisa ngasih tahu pastinya kapan," ujar Priadi.

Pantauan detikcom, di sepanjang Jalan Kemakmuran, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, tampak sudah tidak terlihat lampu pedestrian. Lokasi rusaknya lampu-lampu Pedestrian ini persis di belakang Pemkot Bekasi. Kotak-kotak pelindung lampu juga tak tampak. Namun, jika dilihat lebih dekat, masih terlihat kabel listrik lampu pada tiang.


Simak juga video "Cuaca Panas Ekstrem, Ibu di Bekasi Ini Ngaku Sukses Masak Tanpa Api" :

[Gambas:Video 20detik]

(isa/idn)