detikNews
2019/10/30 16:32:34 WIB

2 Kelas di SDN Lebak Tak Punya Meja-Kursi 8 Tahun, Siswa Belajar Lesehan

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Halaman 1 dari 2
2 Kelas di SDN Lebak Tak Punya Meja-Kursi 8 Tahun, Siswa Belajar Lesehan Siswa SDN 2 Pasirkupa, Kabupaten Lebak, Banten, harus belajar sambil lesehan. (Foto: Istimewa)
Lebak - Siswa dari dua kelas di SDN 2 Pasirkupa, Kabupaten Lebak, Banten, harus belajar sambil lesehan selama 8 tahun. Mereka terpaksa belajar seadanya karena sekolah kekurangan ruang kelas dan alat bantu belajar.

Kepala SDN 2 Pasirkupa, Huriyati, bercerita, ada 324 siswa yang belajar di sekolahnya. Sedangkan sekolah hanya memiliki 6 ruangan kelas dengan kondisi ruangan yang masing-masing terpisah.

Sejak 8 tahun lalu, karena kekurangan ruangan, sebagian siswanya sudah 2 kali menumpang ke madrasah. Pertama, ke madrasah yang kemudian sudah tidak layak dan kedua ke madrasah yang lokasinya 200 meter dari sekolah asal.


Karena menumpang itulah, kegiatan belajar-mengajar sebagian siswa digelar sambil lesehan. Hal ini karena situasi madrasah tidak memiliki kursi dan meja yang lengkap. Tiap kelas yang menumpang total ada 68 orang terbagi dari kelas IV yang dibagi ke dua rombongan belajar dan kelas III ke satu rombongan belajar.

"Sudah sejak 8 tahunan, karena kita numpang di madrasah orang. Kan madrasahnya tidak punya mebeler," kata Huriyati saat dihubungi di Lebak, Banten, Rabu (30/10/2019).


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com