Kemenag Gelar Olimpiade Sains untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam

Erwin Dariyanto - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 15:20 WIB
Kementerian Agama menggelar Olimpiade Sains dan Karya Inovasi (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam untuk pertama kalinya menggelar Olimpiade Sains dan Karya Inovasi (OSKI) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) 2019.

Olimpiade Sains ini dilaksanakan sebagai wahana mahasiswa dan dosen PTKI dalam mengaktualisasikan temuannya di bidang sains dan karya inovasi. Ini sekaligus untuk membuktikan bahwa PTKI tidak hanya memiliki kehandalan di bidang keislaman, tetapi juga sains dan karya inovasi.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mengatakan kehadiran OSKI akan menjadi salah satu jawaban atas pertanyaan mengapa PTKI menghadirkan program-program studi sains atau prodi umum.

"Di antaranya adalah memberikan afirmasi secara akademik tentang integrasi keilmuan dan inovasi-inovasi yang dilahirkan oleh perguruan tinggi keagamaan Islam," kata Kamaruddin seperti dilansir dari laman resmi Kementerian Agama, kemenag.go.id, Rabu (30/10/2019).

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Arskal Salim menegaskan Olimpiade Sains dan Karya Inovasi akan menjadi ajang kompetisi sekaligus apresiasi Kementerian Agama terhadap karya inovasi serta temuan sains dosen dan mahasiswa PTKI.

Kepala Subidt Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Diktis Suwendi mengatakan penyelenggaraan OSKI dilatarbelakangi tuntutan integrasi keilmuan yang menjadi core business PTKI. Sudah saatnya PTKI tak hanya handal pada aspek keagamaan, tetapi juga bidang sains dan inovasi pengetahuan.

"OSKI diharapkan akan melahirkan penemu-penemu bidang sains dan inovasi dari kalangan mahasiswa dan dosen PTKI untuk menjawab tantangan kekinian," kata Suwendi.

OSKI akan diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 14-16 November 2019. Beberapa bidang yang dilombakan dalam kategori sains antara lain Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Ada juga kategori karya inovasi, meliputi temuan-temuan terkait ilmu pengetahuan baik karya dosen maupun mahasiswa PTKI.

Sampai saat ini tercatat sudah ada 678 peserta dari 34 PTKI seluruh Indonesia yang telah terdaftar untuk mengikuti OSKI 2019. Nantinya mereka akan mengikuti proses seleksi yang akan berlangsung hari ini hingga esok. Para peserta terbaik nantinya berhak melaju tahap final Olimpiade Sains dan Karya Inovasi (OSKI) di Makassar.




Simak juga video Menag soal Ormas Radikal: Kalau Nggak Bisa Diajak Diskusi, Coret!:

[Gambas:Video 20detik]



(erd/nwy)