Wajibkah Menteri Pakai Mobil Dinas?

Haris Fadhil - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 07:19 WIB
Foto: Mobil Prabowo di Kemenhan Selasa (29/10) (Eva/detikcom)
Foto: Mobil Prabowo di Kemenhan Selasa (29/10) (Eva/detikcom)

Dia mengatakan para menteri boleh saja menggunakan mobil pribadi masing-masing untuk kegiatan mereka. Setya mengatakan pihaknya hanya menyediakan kendaraan dinas sesuai aturan yang berlaku.

"Boleh (menteri gunakan kendaraan pribadi). Biasanya karena kami sudah siapkan sedan, dinas menyediakan untuk cadangan misalnya SUV," ucapnya.

Aturan yang sama juga berlaku untuk rumah jabatan para menteri. Setya mengatakan para menteri memang disiapkan rumah jabatan namun bisa saja tetap menggunakan rumah pribadi masing-masing.

"Prinsip kami siapkan rumah dinasnya, kalau beliau-beliau punya rumah pribadi biasanya tetap dipakai untuk event-event atau hari-hari tertentu dengan banyak alasan, misal anak masih sekolah dekat rumah pribadi dan lain-lain," ucap Setya.



Seperti diketahui, Menhan Prabowo Subianto belum pernah terlihat menggunakan mobil dinasnya. Prabowo terlihat menggunakan Alphard putih bernopol B-108-PSD saat hadir dalam rapat kabinet di Istana pada Kamis (24/10). Saat itu, Menko Polhukam Mahfud Md, Mendikbud Nadiem Makarim dan MenPAN-RB Tjahjo Kumolo juga tampak menggunakan kendaraan pribadinya.

Prabowo kembali terlihat menggunakan Alphard putih untuk hadir ke kantornya pada Selasa (29/10). Kedatangannya tampak dikawal beberapa motor patroli dan pengawalan. Juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan dirinya belum mengetahui jelas alasan Prabowo menggunakan mobil Alphard tersebut.

"Beliau memang itu yang mau dipakai beliau. Itu aja sih, nggak ada kenapa-kenapa," kata Dahnil.
Halaman

(haf/haf)